Peristiwa

Lagi, Hutan di Pamarican Kabupaten Ciamis Terbakar

CIAMIS- Hutan yang dikelola Perhutani di Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terbakar Minggu (27/10/2019). Kebakaran meluas sampai 15 hektar di Petak 77G. Pusdalops PB BPDB Ciamis mengerahkan pemadam kebakaran tapi karena akses jalan cukup sulit petugas sulit memadamkan titik-titik api.

Selain itu sumber air pun sulit karena musim kemarau. Petugas Perhutani, Polsek, TNI, BPBD Ciamis, Pemdes sampai berita ini dirilis masih berusaha keras memadamkan api

“Kebakaran kali ini lumayan sangat besar hingga belasan hektar. Kami dan petugas juga masih kewalahan untuk memadamkan api yang masih membesar akibat derasnya angin yang meniup area perkebunan,” kata Kepala Desa Sukahurip, Turiman.

Turiman mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati lagi  membuang barang yang dapat menjadi menimbulkan api hingga terjadi kebakaran.

Kebakaran hutan di wilayah Ciamis Selatan terutama di  Pamarican merupakan kejadian yang kelima kali dalam tiga bulan terakhir ini. Sebelumnya pernah terjadi kebakaran di  Petak 86b2 di Dusun Sukamaju, Resa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, juga terjadi pada

Akibat kebakaran tersebut, sedikitnya dua hektar lahan Perhutani dan satu setengah hektar lahan milik warga hangus terbakar.

Kemudian terjadi lagi kebakaran hutan jati milik Perhutani juga di blok Petak 75 C Gunung Geger Bentang, pada Sabtu, 21 September 2019 lalu..

Lokasinya tepat di pinggir jalan raya Pamarican-Cikupa, Dusun Lumbungsari, Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Akibat kebakaran hutan di Pamarican tersebut, 3 hektar lahan ludes. Api yang tiba-tiba membesar, membuat warga menduga, hutan jati tersebut sengaja dibakar.

Selain di Pamarican, kejadian paling anyar terjadi Kecamatan Banjaranyar, tiga hari yang lalu, atau pada Kamis (24/10/2019).

Baca Juga :  Dewan Syuro FPI Dilaporkan ke Polisi Karena Hina NU

Saat itu hutan jati milik Perum Perhutani terbakar, lahan seluas lima hektar di petak 87A pun hangus.

Kebakaran hutan jati ini terjadi di wilayah Dusun Pasiripis, Desa Sindangrasa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.(dab)

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: