Budaya

Lais Meriahkan Pameran Hukum dan Ham Tasikmalaya

TASIKMALAYA – Pameran Hukum dan Ham yang digelar dua hari tanggal 9-10 Desember 2019 di Pesantren Al-Mukhtariyah, Mangkubumi Kota Tasikmalaya melibatkan lebih dari 300 peserta kelompok minoritas, santri, pelajar, mahasiswa, perangkat desa, dan organisasi bantuan hukum.

Selain diisi dengan peluncuran Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Desa dan Kelurahan, Penganugerahan Hukum dan HAM, Konsultasi Hukum Gratis, Diskusi Kelas, Galeri Bhinneka Tunggal Ika, ada juga penampilan pentas seni budaya sunda.

Pentas Seni tradisi sunda tersebut menyita perhatian warga berbondong-bondong ke lokasi. Ada beberapa beberapa pentas seni tradisional yang ditampilkan, diantaranya Jaipongan, Wayang golek, Bobodoran Sunda, dan Lais.

Menurut salah seorang pengakuan warga sekitar, Rijwan, dia baru pertama kali melihat pentas seni tersebut.

” Acaranya dikemas menarik, panitia pintar sekali merangkul warga sekitar untuk datang, selain ada pameran hukum, ada juga pentas seni dan salah satu yang menarik bagi saya adalah Lais ” kata Rijwan.

ia menuturkan seni tradisional seperti ini perlu dilestarikan agar tak kalah dengan budaya modern lain.

” Untuk kedepannya, saya harap setiap ada acara atau kegiatan yang menitikberatkan ke warga agar selalu ada pentas seni sunda, karena selain mengundang perhatian warga, hiburan tersebut secara tidak langsung jadi ketertarikan agar warga bisa datang ke Pameran Hukum dan Ham” tuturnya.

Kesenian Lais merupakan sebuah kesenian pertunjukan akrobatik dalam seutas tali sepanjang 6 meter yang dibentangkan dan dikaitkan di antara dua buah bambu dengan ketinggian 10 sampai 13 meter untuk di panjat dan melakukan aksi yang spetakuler. (sumber : Wikipedia)

Pentas seni Lais dari Padepokan Sukapura tersebut ditampilkan disela acara setelah acara talkshow hukum yang mendatangkan beberapa narasumber.

Baca Juga :  Ingin Mengenal Barang Pusaka Galuh? Datang saja ke Galuh Ethnic Carnival 2019

Penulis : Mesa

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: