Desa

Launching Pengelolaan DAS Mikro Berbasis Desa

CIAMIS – Forum Peduli Lahan Kritis dan Ketahanan Pangan (FPLKKP) bersinergi dengan Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (FKPDAS) Jabar wilayah Ciamis melakukan launching pengelolaan DAS Mikro Berbasis desa. Kegiatan itu di laksanakan di Desa Golat, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis Rabu, (29/01/2020).

Menurut Ketua FKPDAS wilayah Ciamis, Joni Raupa, tujuan kegiatan adalah memperingati milad FPLKKP VI sekaligus memperkenalkan metode pengelolaan DAS yang disusun oleh FKPDAS JABAR wilayah Ciamis.

Kegiatan berlangsung dua sesi, pertama adalah sarasehan mengenai metode pengelolaan DAS Sehat Berbasis Desa, dan kedua dilakukan penanaman biopori berbahan dasar bambu dan ijuk.

“Isu pengelolaan DAS berbasis Desa diangkat dalam milad kali ini dikarenakan pengelolaan Daerah Aliran Sungai selama ini tidak melibatkan masyarakat dan pemerintahan Desa sebagai subjek utamanya,” terangnya usai acara Sarasehan yang dilaksanakan pagi hari.

Dikatakan Joni, akar masalah DAS yang mengakibatkan banjir dan longsor dalam beberapa waktu terakhir ini berada di wilayah pemerintah desa dan masyarakatnya. Sedangkan solusi yang diambil oleh para pemegang kebijakan seringkali tidak menyentuh akar masalahnya.

“Ini perlu dilakukan dalam rangka pemanfaatan potensi lokal dalam upaya penyelamatan DAS yang bahannya banyak diperoleh disekitar Desa,” katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Desa Golat, Edi Mulyadi mengungkapkan, metode pengelolaan Daerah Aliran Sungai yang dikemukakan FKPDAS Ciamis dapat menjadi solusi alternatif bila dilakukan bersama-sama.

Dirinya menganggap informasi dan ilmu dari diskusi sarasehan sangat cocok dengan basis masyarakat di Desa Golat.

“Lubang biopori menggunakan batangan bambu ini sangat menarik bagi saya. Kita secara alami bisa melakukan biopori dengan mengandalkan sumber daya alam yang ada di lingkungan masing-masing.” Imbuhnya.

Penulis : Mesa

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: