Desa

Live Streaming Musdes

MediaDesa.idTASIKMALAYA. Era milenial ini, hampir seleruh elemen kehidupan tidak bisa lepas dari kecanggihan teknologi komunikasi, terlepas dari klasifikasi madharat dan manfaatnya. Indikasi diatas sudah sangat terlihat salah satunya dalam beberapa kegiatan formal disebuah instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah yg melibatkan teknologi informasi secara langsung.

Pemerintah Desa (PemDes), Darmacaang Kec. Cikoneng, Kabupaten Ciamis merupakan sebuah desa –yang berada dihampir pelosok gunung– yang mencoba untuk menerapkan kecanggihan teknologi Informasi berupa tersebut dalam setiap kegiatan pemerintahannya. PemDes Darmacaang adalah desa pertama di Kabupaten Ciamis yang menayangkan secara langsung (Live Streaming) kegiatan Musyawarah Desa (MusDes) melalui akun Facebook Berita Kecamatan Cikoneng.

Upaya tersebut tidak lain merupakan perwujudan dari salah satu prinsip good governance yaitu transparant. Kepala Desa Darmacaang, mengatakan “tujuan dari ditayangkannya MusDes ini supaya masyarakat bisa secara langsung melihat dan juga sebagai upaya dari keterbukaan pemerintah desa kepada masyarakatnya, mumpung ada internet”. Pihaknya berpendapat untuk zaman sekarang tidak ada alasan untuk tidak memanfaatkan kecanggihan informasi tersebut untuk memberikan yang terbaik dalam urusan melayani masyarakat melalui pemerintahan desa.
Apresiasi dari ditayangkannya secara live streaming juga datang dari Pendamping Desa Kecamatan Cikoneng, Aryo “Desa telah mewujudkan UUDesa pasal 86 ttg keterbukaan informasi publik, dan saya mengapresiasi inisiatif tersebut dan bisa dijadikan contoh untuk desa-desa yg lainnya” ujarnya. (Miftah)

Baca Juga :  Kades Sindangjaya Ajak Warganya Lawan Covid-19 Bersama-sama

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: