Desa

Lomba Kampung Sehat Desa Cukangjayaguna Patut Diacungi Jempol

TASIKMALAYA – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-388 dan HUT RI ke- 75, juga sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa Cukangjayaguna menyelenggarakan lomba kampung sehat yang meliputi seluruh RT di lingkungan Desa Cukangjayaguna Kecamatan Sodonghilir Kabupaten Tasikmalaya .

Ani, Kepala Desa Cukangjayaguna menyatakan maksud dan tujuan lomba ini yaitu untuk menanamkan kembali nilai-nilai para leluhur yang saat ini sudah mulai punah.

“Konsep sehat dalam lomba kampung sehat di desa kami adalah sehat yang paripurna. Sehat dalam arti luas dengan tetap mempertahankan nilai-nilai baik para leluhur kita” katanya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan yang dilaksanakan Minggu, 9 Agustus 2020 lalu juga sebagai upaya dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan membiasakan pola hidup sehat masyarakat.

” Masyarakat tidak hanya sehat fisiknya saja tetapi juga sehat jiwanya diantaranya sehat pendidikannya, sehat kebersamaan dan gotong royongnya, sehat ekonominya, sehat nilai sosialnya, sehat kreativitasnya dan juga memiliki kesiapsiagaan bencana”, terang Ani.

Lebih lanjut, Sekretaris Desa Cukangjayaguna, Yopi Indra menyampaikan 12 aspek yang dinilai dalam lomba kampung sehat ini, yaitu : Jalan (5 indikator), Tempat Ibadah dan Sekolah (3 indikator), Ruang Terbuka Hijau (3 indikator), Pengelolaan sampah (4 indikator), Air bersih dan jamban sehat (8 indikator), Pencegahan Covid-19 (4 indikator), Fasilitas P3K (3 indikator), Apotik Hidup dan Tanaman Obat Keluarga (4 indikator), Mitigasi bencana (3 indikator), Ketahanan pangan (4 indikator), terakhir aspek keamanan, ketertiban dan gotong royong (6 indikator).

“Kami berharap aspek-aspek tersebut tertanam di warga masyarakat sehingga sikap masyarakat saat ini yang cenderung pragmatis, apatis, dan transaksional bisa tereduksi melalui kegiatan lomba ini” imbuhnya.

Baca Juga :  Akses Ke Kota Jauh Desa Malasari Bangun 4 Posyandu

Selaku Ketua Tim Penilai kegiatan lomba ini, Ketua BPD Desa Cukangjayaguna, Maman Suparman menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh warga.

“Alhamdulillah kami bersyukur masyarakat kompak, semangat, bahu membahu dalam mewujudkan kampung sehat ini, kami sangat berterimakasih kepada semua warga”. Kata Maman.

Menurutnya, kegiatan penilaian dimulai dari hari ini dan akan berlangsung selama 4 hari kedepan.

“Kampung yang menjadi juara pada lomba ini, secara otomatis akan mewakili Desa Cukangjayaguna dalam lomba kampung sehat tingkat Kabupaten Tasikmalaya” imbuhnya.

Ditemui di tempat terpisah, Yosep Palahudin, Ketua Panitia Lomba ini menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta lomba.

“Kami dari Karang Taruna ditunjuk sebagai panitia lomba ini dan terus terang kami sangat bangga melihat geliat masyarakat dalam mensukseskan lomba ini. Selain lomba kampung sehat dan RW berprestasi, kami juga sedang mempersiapkan lomba untuk video pendek dengan tema visi misi desa, peserta lomba video tersebut adalah para generasi muda atau kaum milenial”. Katanya.

Jeje, ketua RT 033 Dusun Burujul menyatakan pihaknya jadi lebih semangat membersihkan lingkungan.

“Persiapan kami dalam menghadapi lomba ini yaitu dengan bersama warga membersihkan jalan, selokan-selokan, dan sarana lain. Di setiap halaman rumah, kami persiapkan tanaman obat serta membuat apotik hidup. Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, ini lebih sibuk tapi manfaatnya nanti akan sangat terasa untuk kami”, tutur Jeje.

Peserta lainnya, Dede Rusmana Ketua RT 039 Dusun Panarukan menyatakan persiapannya jelang penilaian lomba ini.

“Fokus RT kami yaitu apotik hidup dan ekonomi kreatif. Saya selaku ketua RT sangat bangga masyarakat semuanya gotong royong mewujudkan kampung kami yang bersih dan sehat. Kami juga berharap Bapak Bupati mau berkunjung ke kampung kami”.

Baca Juga :  Seribu Orang Bersih-bersih Gedung Bupati

(Mesa)

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: