Nasional

MAJu Ciptakan Fasilitator FPIC

MediaDesa.idJAYAPURA. Sejumlah organisasi yang konsen dibidang penegakkan hukum, hak asasi manusia dan hak atas tanah, pada tanggal 5-9 Juni 2018 telah melaksanakan kegiatan Training Of Trainer FPIC (Free, Prior, Informed, Consent) atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan PADIATAPA (Persetujuan Atas Dasar Informasi Awal dan Tanpa Paksaan) yang dilaksanakan di Hotel Aston Kota Jayapura Provinsi Papua. Kegiatan ini merupakan salah satu program Empowering Acces To Justice (MAJu) dari USAID dan The Asia Foundation.

Titik fokus kegiatan ini adalah untuk menciptakan para fasilitator yang siap untuk memfasilitasi masyarakat dalam pengimplementasian model dan cara pendekatan FPIC. Dengan tujuan meningkatkan kapasitas peserta menjadi trainer/fasilitator untuk proses PADIATAPA bagi masyarakat adat/komunitas yang akses ke SDA terdampak, dengan perusahaan atau negara dalam mengakses sumber daya alam.

Fasilitator kegiatan Training of Trainer, Emil Ola Kleden mengatakan “peserta dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran peserta tentang pentingnya PADIATAPA, kerangka legal terkait hak atas sumber daya alam dan masyarakat adat, dan bagaimana PADIATAPA dilaksanakan” ujarnya pada kegiatan Training berlangsung (5/6/2018) .

Peserta Training tersebut terdiri dari Mitra MAJu dari Jawa sebanyak 7 orang, Mitra MAJu dari Papua 10 orang, SETAPAK dari Papua 4 orang dan LESTARI dari Papua juga 4 orang. Salah satu peserta kegiatan Soleh delegasi LBH Surabaya berpendapat, ”
Saya sangat senang bisa ikut Padiatapa/FPIC yang diselenggarakan oleh The Asia Foundation (TAF). Materi FPIC (Free, Prior, and Informasi consent) sangat menarik serta Fasilitator yg bagus dalam menyampaikan materi FPIC dan mengelola Forum, sehingga pelatihan yg dilaksanakan selama 5 hari tersebut terasa sangat menyenangkan. Para peserta juga sangat aktif dan komunikatif dalam pelatihan FPIC kali ini. Harapan saya, semoga ilmu yg telah saya peroleh dari Pelatihan FPIC bisa bermanfaat dalam kerja-kerja Advokasi yang saya lakukan.” ujarnya. –(Miftah)

Baca Juga  Jokowi Minta Gerakan Uninstalbukalapak Dihentikan
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close