Peristiwa

Marak Sipil Beratribut “Mirip” KPK, LBH Ansor Didatangi Pengawas Internal KPK

TASIKMALAYA – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Kabupaten Tasikmalaya mengaku didatangi Pengawas Internal KPK pada Rabu, 12 Desember 2018.

Pengawas tersebut mengkonfirmasi banyaknya aduan Kepala Desa dan masyarakat yang masuk ke LBH Ansor, kemudian diteruskan ke KPK perihal adanya LSM yang memakai nama “mirip” KPK.

“Ya kami didatangi KPK menanyakan tentang aduan tersebut,” kata Ketua LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya, Asep A Rofiek, Kamis, 13 Desember 2018.

Menurut Rofiek, dua orang Pengawas Internal KPK sengaja ke Tasikmalaya karena menemukan kasus serupa didaerah lain. Ada LSM memakai nama mirip KPK yang datang ke masyarakat.

“Maka kesini (Tasik) ingin mengetahui kejadian sebenarnya karena kasus serupa pernah terjadi didaerah lain. Masyarakat nyangkanya KPK, padahal LSM yang memakain nama KPK,” ujarnya.

Meski demikian, Rofiek tak mau menyebut nama pengawas internal KPK tersebut karena inti dari pertemuan bahwa KPK tidak pernah bekerjasama dengan LSM manapun, apalagi dengan kelompok sipil bernama KPK.

Rofiek pun mengungkapkan laporan dari Tasikmalaya menjadi perhatian besar KPK bahwa KPK mendorong korban yang merasa dirugikan oleh oknum yang mengatasnamakan KPK agar melapor ke pihak yang berwajib.

Serta KPK telah bekerjasama dengan Kemenkumham dan Kemendagri agar menertibkan LSM atau Organisasi yang menggunakan lambang atau lebel institusinya.

“KPK juga menegaskan tidak pernah memakai seragam dalam menjalankan tugasnya. Adapun rompi yang selalu dilihat dimedia masa dikenakan jika melakukan penggeledahan,” ujarnya.

Terkait persoalan ini, LBH Ansor juga membuka posko pengaduan jika ada Kepala Desa atau masyarakat yang diresahkan apalagi diperas oleh oknum berpakaian atau bekartu “mirip” KPK untuk datang ke Sekretariat LBH Ansor di Ruko Blok Singaparna No 24 Jalan Raya Timur Singaparna Desa Cipakat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasimalaya. (Budi Hartono)

Baca Juga :  Warga Datangi Lagi Bale Kota Tuntut Walikota Mundur
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close