©mediadesa.id
(0265) 7521140 mediadesa.id@gmail.com
Jumat, April 26, 2019
Budaya

Mau Tahu Sejarah dan Kejayaan Galuh, Ikuti Mieling Ngadegna Galuh

CIAMIS-Ada yang berbeda dalam peringatan HUT Ciamis tahun ini, jika Pemkab mengelar acara seremonial, tapi komunitas adat didukung oleh semua kabuyutan dan keluarga keturunan Kerjaan Galuh, akan menggelar Miéling ngadegna Galuh ka 1407 (23 Maret 612 M – 23 Maret 2019 M).

Acara Miéling ngadegna Galuh ka 1407 adalah sebuah napak tilas perjalanan Kerajaan Galuh, sebagai bentuk pernghormatan para putra /incu putu Galuh terhadap nama besar Galuh dan para leluhur Galuh yang telah melahirkan sejarah panjang Kerajaan Galuh.

Ketua Panitia Miéling ngadegna Galuh ka 1407, Ricky Andriawan Mardjadinata menjelaskan, acara tersebut sebagai ikhttiar dalam angka menjalin silaturahim para keturunan Galuh. Dengan merawat duduluran akan mengembalikan lagi ruh kebesaran dari Galuh. Sebagai bagian dari tonggak sejarah, maka diperlukan adanya gerakan bersama spirit persaudaraan sesama bangsa yang menghargai nilai budaya dan kebangsaan sebagai jati diri yang seutuhnya.

“Miéling ngadegna Galuh ka 1407 ini memiliki tujuan agar generasi saat ini tidak pareumeun obor. Terlebih acara ini digelar adalah untuk mempererat tali silaturahim sesama saudara yang masih reueus dan mengalir semangat Galuh dalam dirinya,” ucap dia, Minggu (10/03/2019).

Menurut Ricky, acara Miéling ngadegna Galuh akan dihadiri dari semua kalangan. Mulai organisasi mahasiwa Galuh Jaya-Galuh ,Taruna-Galuh, Rahayu-Galuh, Pamitraan dan berbagai Paguyuban di Jawa Barat. Bahkan ada juga dari kesatuan adat Banten Kidul salah satunya akan dijadwalkan hadir dari kasepuhan Cisungsang.

“Tokoh budayawan yang mengisi acara Kang Budi Dalton, Kang Man Jasad dan Kang Dedi Mulyadi Purwakarta, Pandu Radéa dari Tapak Karuhun Nusantara juga dari akademisi Rektor Unigal, Yat Rospia Brata juga Ketua Dewan Kebudayaan Ciamis, Kang Oni Suwarman salah satu artis dan seniman yang merangkap anggota dewan juga Jawara Pakidulan dari Pangandaran dan berbagai komunitas adat dikabarkan akan Hadir,” terang Ricky.

Baca Juga  Tradisi Potong Hewan Warga Mulyaasih di Sekitar Makam Rama Eyang

 

  • 47
    Shares

Tinggalkan Balasan