Wisata

Menanti Realisasi Ridwan Kamil Pada Wilhelmina

Oleh : Doni Sutriana

Pasca dilantik sebagai Gubernur Jawa Barat pada 5 September 2018 lalu, Ridwan Kamil langsung tancap gas. Ia berjanji akan membuka dan mengaktifkan kembali jalur Kereta Api yang salah satunya Jakarta-Bandung-Pangandaran.

Reaktifasi Kereta Api ke Pangandaran pun bukan tanpa alasan. Selain secara kesejarahan pernah aktif, juga menjanjikan bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat karena Pangandaran dikenal kaya akan hasil alam serta tujuan wisata primadona di Indonesia.

loading...

Ada yang menarik ketika bicara Kereta Api ke Pangandaran. Pasalnya akan menghidupkan kembali Terowongan terpanjang di Indonesia itu sehingga nama Wilhelmina kembali populer.

Dan Wartawan “Media Desa” mencoba menelusuri terowongan sepanjang 1,2 kilometer tersebut dengan melewati perkebunan warga sejauh 200 meter.

Kesan angker begitu terasa karena yang ada lingkaran kecil cahaya terlihat diujung terowongan. Sisa sampah makanan, minuman dan sisa bakaran kemenyan masih berserakan, bukti adanya aktifitas meski tak dilalui lagi kereta. Katanya jadi tempat pesugihan.

Lantai terowongan masih berbatu laksana jalur kereta lain. Kanan kiri terdapat saluran air dengan sebagian permukaan dinding masih berplester semen. Gemercik air begitu terdengar, ditambah bantalan-bantalan kayu yang setengah terkubur.

Semakin kedalam semakin gelap. Nafas menyesak karena minimnya oksigen. Sekumpulan kelelawar dan tak jarang ular kecil menemani perjalanan.

Dari sumber prasasti yang terpampang, pengerjaan terowongan berlangsung dari tahun 1913-1916 yang menjadi proyek prestisius Pemerintah kolonial Belanda. Sehingga terowongan pun dinamai Wilhelmina sebagai penghormatan pada Ratu Belanda, Wilhelmina Helena Pauline Maria.

Kini Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana mengaktifkan kembali yang sebetulnya telah diwacanakan sejak 1990, namun terhenti akibat krisis ekonomi 1998. Bahkan Kementerian Perhubungan sudah menyusun Detail Engineering Design dan Feasbility Study bersama Dinas Provinsi Jawa Barat mengenai dampak sosial dari proyek tersebut. Jika berhasil, 2020 bisa kembali aktif.

Baca Juga  Sapu Bersih Sungai Ciwulan di Hari Air

Semoga janji manis Ridwan Kamil terealisasi. Mengubah kesunyian Sang Ratu agar berbuah kebaikan bagi warga Pesisir Selatan.*

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close