Inovasi

Meski Pandemi Desa Sendang Tetap Layani Warga

WONOGIRI – Saat pandemi virus Covid-19, Pemerintah Desa Sendang berinovasi melayani kebutuhan masyarakat desa secara online. Layanan online menggunakan aplikasi SIADPEND CENIK yang diunduh warga melalui Google Playstore. Berkat terobosan ini, pelayanan pada masyarakat tetap bisa maksimal meskipun ada kebijakan pembatasan jarak sosial.

Desa Sendang terletak di Kecamatan Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Sejak ada Covid-19, Pemerintah Desa Sendang menginstruksikan warga yang meminta pelayanan dapat dilukan melalui aplikasi itu. Aplikasi SIADPEND CENIK memiliki sejumlah fasilitas layanan, seperti surat keterangan, surat kelahiran, surat kematian, dan lain sebagainya.

Warga bisa mengakses layanan tersebut tanpa harus keluar rumah atau bertatap muka. Hal itu akan menghindarkan warga dari rantai penyebaran virus Covid-19 karena layanan tatap muka dapat diminimalisasi.

Aplikasi ini sudah dikembangkan pada pertengahan 2019. Pada awal 2020, berkat dukungan aplikasi maka pelayanan desa dapat dilakukan secara online.

Pemerintah Desa Sendang juga rutin mensosialisasikan layanan ini pada masyarakat. Untuk mengantisipasi kesenjangan literasi teknologi, warga desa yang merasa masih gagap teknologi (Gaptek) bisa meminta bantuan warga lain yang memiliki kemampuan dan paham teknologi.

Penulis : Tim Inovasi Desa
Kemendes PDTT

Baca Juga :  Simak, Faktor Ini Jadi Penyebab Pupuk Tidak Efektif

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: