Momen Ramadhan Dimanfaatkan oleh OBH Se-Jabar untuk Duduk Bersama

MediaDesa.id – Puasa di bulan Ramadhan bukan berarti harus puasa menangani perkara juga. Sebagai OBH yang senantiasa membantu warga disetiap daerah untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap masyarakat tanpa harus memilah memilih kondisi kliennnya. Tepat di bulan puasa tanggal 14 Ramadhan 1439 H, telah diselenggarakan silaturahmi antar OBH (Organisasi Bantuan Hukum) Tasikmalaya dan beberapa delegasi OBH yang ada di wilayah Jawa Barat. Hal ini dikemas dalam acara “Workshop Persiapan Akreditasi OBH” yang digelar oleh PBH PERADI Tasikmalaya bertempat di hotel horison Kota Tasikmalaya 30/5/2018. .

Acara yang dilaksanakan hampir sehari penuh ini bertema-kan “optimalisasi peran OBH dalam pemberian layanan bantuan hukum”. Yang mana acara ini di isi oleh 2 narasumber yang kompeten dibidangnya, yaitu dari Kemenkumham Kanwil Jawa Barat dan Direktur LBH Bandung. Beberapa masalah muncul dalam sesi tanya jawab antara peserta dengan Kanwil kemenkumham Jabar tentang prosedur dari awal hingga akhir proses akreditasi dan verifikasi.

Menyimak dari rangkaian acara tersebut, gemuruh peserta workshop saling berdiskusi sharing gagasan dan pengalamannya selama di OBH. Delegasi peserta yang berjumlah 25 orang dari setiap perwakilan OBH yang ada di Jawa Barat masih dapat di hitung jari OBH yang sudah terakreditasi. Sedangkan penanganan kasus perkara semakin banyak, sehingga banyak advokat yang memerlukan suport dari beberapa Organisasi Bantuan Hukum (OBH). Khususnya dalam penanganan perkara kelompok marjinal dan masyarakat yang tidak mampu. Ini semua menjadi perhatian lebih bagi para pemberi bantuan hukum agar bisa menempuh proses akreditasi.

loading...

Solidaritas para OBH sudah terlihat di ruangan workshop tersebut, mereka saling mendorong agar OBH yang ada di Jawa Barat bisa lolos akreditasi. Perumpamaannya mereka mencoba mendorong PBH Peradi Tasikmalaya agar lulus akreditasi terbaik dan kemudian nantinya bisa mendorong OBH lainnya untuk lulus akreditasi agar nantinya di Jawa Barat punya banyak OBH yang lulus akreditasi, baik secara kuantitas maupun kualitas.

Dari hasil diskusi tersebut, ada penyamaan misi yaitu agar sama-sama terakreditasi. Ketua DPC Peradi Tasikmalaya Andi Ibnu Hadi S.H, mengusulkan rencana tindak lanjut dari acara ini para peserta akan bertemu di bandung pada tanggal 4 Juni 2018 dalam acara undangan kemenkumham. Momen tersebut sekaligus akan dipakai oleh para peserta untuk melakukan audiensi tentang kendala yang dihadapi ketika akan melakukan verifikasikasi.

Demikian acara workshop persiapan akreditasi berjalan dengan khidmat. Para OBH yang secara profesional memiliki kredibilitas dan martabat setidaknya bisa diperhitungkan dimata penerima bantuan hukum. Sesuai dengan apa yang telah di paparkan oleh kedua narasumber baik itu dari segi teknis operasional OBH dalam pemberian layanan bantuan hukum yang berkualitas dan juga tentang peningkatan prosedur serta tatacara akreditasi OBH. (Imam Waridin)

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close