Religi

MQK se-Jawa Barat Digelar di Ponpes Cipasung

TASIKMALAYA – Pembukaan Musabaqoh Qiraatil Kutub (MQK) 2019 tingkat Jawa Barat diselenggarakan di Pondok Pesantren Cipasung pada Selasa (15/10/ 2019).

MQK 2019 yang diikuti 800 Santri perwakilan Pondok Pesantren dari 27 kota/kabupeten se-Jawa Barat ini dibuka oleh Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung KH. A Bunyamin Ruhiat dan disaksikan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Hadir pula dalam pembukaan tersebut, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat, Oleh Soleh.

MQK yang dipusatkan di Ponpes Cipasung Singaparna dari 15-18 Oktober 2019 ini sendiri menyiapkan hadiah Rp 6,5 juta untuk Santri Terbaik I, R p4,5 juta untuk Santri Terbaik II, dan Rp 2,5 juta untuk Santri Terbaik III.

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan kegiatan tersebut selain untuk menjalin silaturahmi antar santri dan pesantren se-Jabar, MQK ini pun bertujuan meningkatkan kecintaan santri kepada kitab-kitab rujukan berbahasa Arab. Serta kecintaan dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam dari sumber kitab-kitab berbahasa Arab.
“Salahsatu daya dorong untuk memberikan semangat kepada santri untuk belajar kitab kuning dengan melombakannya melalui MQK ini. Sejauh mana dan bagaimana para santri dapat memahami tata cara membaca kitab kuning dan tahfidul uthun yakni mempelajari dan menalar kitab-kitab kuning Iainnya,” ujar Uu.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan MQK 2019 se-Jawa Barat ini sebagai salah satu akselerasi visi misi Jabar Juara Lahir dan Bathin dimana yang didorong adalah juara bathin. Untuk penyelenggaraan MQK tahun depan, ia mengimbau kepada semua kepala daerah di 27 kabupaten/kota se-Jabar untuk mendorong warganya agar ikut serta.

“Selama ini, mereka ikut serta dengan biaya swadaya dan dibantu Kanwil Kemenag (Kementerian Agama) daerah, jadi tahun depan mohon dibantu oleh bupati dan wali kota, didorong warganya untuk ikut” pungkasnya.

Baca Juga :  Ribuan Warga Hadiri Muharraman 1441 di Sariwangi

Penulis: Budi

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: