Wisata

Musim Libur Tiba, Inilah Hal Yang Harus Diwaspadai

Musim berlibur siswa bertepatan dengan libur tahun baru, biasanya warga memanfaatkan waktu ini untuk berlibur. Namun disamping itu ada hal yang harus diwaspadai, yaitu petir dan hujan deras. Selain itu angin yang kencang sangat membahayakan keselamatan.

Alangkah baiknya kita antisipasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebelum terjadi. Karena tidak sedikit ada sejumlah warga meninggal akibat tersambar petir di sejumlah daerah.

Kepala Bidang Analisis Variabilitas Iklim Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Indra Gustari menyampaikan sejumlah tips aman untuk menghindari petir.

Berikut rinciannya:

  1. Segeralah masuk ke dalam ruangan atau mobil jika Anda sedang berada di luar ruangan dan mendengar guntur.
  1. Jika Anda berada di kolam renang, segeralah naik dan menjauh, karena petir dapat menghantarkan energi ke air.
  1. Jangan berlindung di bawah pohon, karena pohon yang tersambar petir energinya dapat merambat ke tubuh.
  1. Jauhi tiang listrik, menara, atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir.
  1. Jangan berada di sawah, lapangan, atau taman.
  1. Jika Anda sedang mengendarai motor, segeralah berhenti dan mencari tempat untuk berlindung.
  1. Jika Anda sedang berteduh di luar ruangan, atur jarak 3-5 meter dengan orang lain agar terhindar dari lontaran energi saat ada petir.

Hindari tanah lapang

Adapun Indra menjelaskan bahwa masyarakat sebaiknya menghindari tanah lapang ketika adanya petir, sebab petir melepaskan muatan listrik.

“Kita diminta menghindari tanah lapang. Karena untuk melepaskan muatan listrik dari awan dicari lintasan terpendek,” ujarnya saat dihubungi. Dikutip dari Kompas.com, Sabtu (21/12/2019).

Ia juga menjelaskan bahwa jika ada orang berada di tanah lapang, hal itu akan menjadi benda yang lebih tinggi dari sekitarnya dan menjadi lintasan terpendek (dari petir) untuk melepaskan muatan listrik itu.

Baca Juga :  Desa Cingkrong Punya Wahana Wisata dan Edukasi Menarik

Tak hanya itu, ketika hujan disertai petir, Indra juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu sering bermain ponsel.

Apalagi ponsel tersebut dalam kondisi sedang diisi daya atau di-charge.

Dikatakannya, saat ponsel sedang di-charge, jaringan listrik di luar ruangan dapat tersambar petir dan menjalar ke ponsel.

“Menggunakan ponsel terjadinya petir, harus hati-hati. Khususnya jika saat ponsel di-charge (terhubung ke jaringan listrik),” ujar Indra.

“Karena jaringan listrik di luar ruangan jika tersambar petir dapat menjalar ke ponsel, dan selanjutnya dapat membahayakan untuk orang yang menggunakan ponsel tersebut,” lanjut dia.

Sementara itu, Indra menyampaikan bahwa informasi terkait tips aman terhindar dari petir dapat disimak di akun Instagram BMKG, @InfoBMKG.

https://www.instagram.com/p/B6FMrQqBDs_/?utm_source=ig_embed&ig_mid=E6D4F764-C70D-4B0E-86F2-254105D53082

Penulis : Mesa
Sumber : BMKG, Kompas

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: