Ragam

Ngaleumeung, Tradisi Perayaan HUT RI Desa Bangunjaya

PANGANDARAN – Karangtaruna Desa Bangunjaya Kecamatan Langkaplancar Kabupaten Pangandaran rayakan HUT RI ke-75 dengan ciri khas di tempatnya.

Untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia yang ke-75, Karangtaruna Tunas Jaya Desa Bangunjaya memperingati HUT RI ke-75 dengan beberapa kegiatan rutin.

” Kita tetap melaksanakan upacara dari tiap dusunnya masing-masing dengan melaksanakan protokol kesehatan”, kata Dedi, ketua Karang Taruna Bangunjaya.

Menurutnya, di daerahnya punya tradisi untuk merayakan HUT RI, yaitu ngaleumeung.

” yang paling menarik dalam rangkaian kegiatan HUT RI ini yaitu lomba ngaleumeung (memasak nasi pakai bambu)”, ungkap Dedi.

Lomba ngaleumeung ini, Dedi menuturkan, mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwasannya orang tua dari mereka dulunya sering ngaleumeung atau memasak nasi dengan bambu.

” karena ini adalah ciri khas dari desa kami, warga sangat antusias sekali dan lomba ini diikuti semua dusun”, Ungkapnya.

Perlombaan terlaksana dengan baik karena kerjasama dengan Pemerintah Desa Bangunjaya.

” kami dari karangtaruna sangat mengapresiasi ke semua pihak khususnya masyarakat dan juga pemerintah desa karena berkat dukungan dari berbagai pihak acara ini terlaksana dengan baik”. Tutupnya.

(Mesa)

Baca Juga :  Zona Integritas Bebas Korupsi Jangan Jadi Jargon Saja

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: