Paralegal Sukamaju Kaler Siap Bantu Masyarakat Pencari Keadilan

oleh -

TASIKMALAYA – Karang Taruna Sukamaju Kaler dan RW 04 bekerja sama dengan DPC Peradi menyelenggarakan Pelatihan Paralegal, hal ini mengacu pada permenhukam (Peraturan Menteri Hukum dan HAM) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Paralegal dalam pemberian bantuan hukum.

Acara tersebut dihadiri pihak pemerintahan Kelurahan Sukamaju Kaler yang diwakili oleh sekretaris yaitu Rosna, dalam sambutannya beliau menginginkan segera dibentuk posbakum, yang dapat membantu masyarakat.

” Kami sangat mendukung langkah-langkah yang dilakukan oleh Karang Taruna dan RW 04. Kedepannya akan membuat Posbakum demi terciptanya akses layanan Bantuan Hukum bagi Masyarakat Miskin”, kata Rosna. (22/11/2020)

Kegiatan yang dilaksanakn 21 Nopember 2020 tersebut diikuti oleh perwakilan dari tiap ke-RW-an di Sukamaju Kaler yang berjumlah 20 orang.

Ketua Karang Taruna Kelurahan Sukamaju Kaler Rachmat Ginanjar menjelaskan maksud Pelatihan ini supaya nantinya paralegal mampu menjawab tantangan zaman di bidang hukum.

” Hari ini di Sukamaju Kaler banyak masalah hukum yang harus dipecahkan, baik akibat sosial, ekonomi, politik dan dampak covid-19, dan juga masih banyak masyarakat yang tersandung hukum tapi tidak punya biaya maka kami menjawabnya melalui pelatihan ini” ujar Rachmat.

Senada dengan hal itu, Ketua RW 04 mengiyakan apa yang menjadi permasalahan di daerahnya.

” kami mendorong generasi muda di karang taruna untuk terjun mengawal masyarakat tidak mampu yang ingin mencari keadilan, karena di Sukamaju Kaler masih banyak kasus-kasus yang belum tuntas disebabkan keterbatasan biaya” ujar Yudi Suryadi

Hadir juga dalam pelatihan tersebut dari DPC PERADI Tasikmalaya sekaligus memberikan arahan kepada peserta yang nantinya akan menjadi paralegal di kelurahan.

Andi Ibnu Hadi, Ketua DPC Tasikmalaya meminta bahwa langkah awal dalam pelatihan tersebut adalah menyatukan isi kepala.

Baca Juga :  Peradi dan Ansor Ciamis Sepakat Lakukan Gerakan Pendampingan Hukum Desa

” acara pararegal ini minimal menyamakan presepsi bahwa semua yang ada disini berkomitmen untuk membantu masyarakat tidak mampu yang ingin mendapatkan keadilan” tutup Andi.

(Mesa)

Berikan komentar