Desa

Patriot Desa Berkolaborasi Dengan Desa Rajamandala Kulon Adakan Pemetaan Partisipasi

BANDUNG BARAT,- Dalam rangka memaksimalkan dan mengembangkan potensi di Desa Rajamandala Kulon, Pemerintah Desa Rajamandala Kulon berkolaborasi dengan Patriot Desa mengadakan Pemetaan partisipasi di Aula Kolam Renang Pelangi Kp. Babakan Bandung Desa Rajamandala Kulon, Kec. Cipatat Kab. Bandung Barat. Kamis, (15/10/2020).

Patriot Desa Bandung Barat, Anwar Fasni mengatakan kegiatan Pemetaan partisipasi yang dihadiri oleh Kepala desa, Ketua BPD, BABINMAS, Patriot Desa Provinsi Jawa Barat dan Patriot Desa Kabupaten Bandung Barat ini mengambil tema ‘Penggalian Potensi Dan Masalah Desa Rajamandala Kulon’.

“Adapun tujuan dari pemetaan partisipatif ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat desa untuk mengoptimalkan peran dan fungsinya dalam upaya memajukan desa,” ujarnya.

Koordinator Wilayah Patriot Desa Nidha Anisatulhuda menerangkan, kegiatan ini diikuti oleh 4 dusun dengan melibatkan perempuan dan kelompok marjinal, serta memperhatikan kelestarian lingkungan seperti LPM,BPD, Karang taruna, PKK, Posyandu, RT, RW, BUMDES/wadah ekonomi lain, tokoh agama, tokoh masyarakat, lembaga adat desa/ sesepuh adat, dan kader/ pendamping yang ada didesa dan masyarakat umum, hal itu selaras dengan Indeks Desa membangun yaitu Dimensi Sosial, Dimensi Ekonomi dan Dimensi Ekologi.

“Program Patriot Desa Jawa Barat merupakan program yang menghadirkan pemuda pemudi Jawa Barat yang telah melalui proses seleksi dan pembekalan untuk menjadi kader penggerak desa dalam mendukung pelaksanaan program unggulan Provinsi Jawa Barat, yaitu Program One Village One Company (OVOC), Program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) dan Program Desa Digital,” ujar Nidha.

Program ini diselenggarakan di bawah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDesa) Jawa Barat melalui Yayasan Inisiatif Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA). Program ini diharapkan dapat mendukung upaya optimalisasi potensi lokal dan sumber daya manusia yang ada di desa semaksimal mungkin agar masyarakat desa dapat meningkatkan kesejahteraannya.

Baca Juga :  Desa Pendowoharjo Olah Sampah Jadi Rupiah

“Dengan adanya kolaborasi pemerintah desa dengan patriot desa yang di tempatkan di lokus desa rajamandala kulon dapat memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat desa Rajamdala Kulon,” terang Nidha menambahkan.

Kepala Desa Rajamdala Kulon, Alit Nurmansyah dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada patriot desa, menurutnya pemetaan partisipasi ini dapat mengunggah rasa memiliki dan semangat gotong royong sehingga tercapai masyarakat yang mandiri dan inovatif.

“Saya sangat berterimakasih kepada patriot yang telah membantu berjalannya kegiatan ini, mudah-mudahan dengan adanya musyawarah ini, masyarakat bisa lebih mengenal dan memahami wilayah rajamamdala kulon, mari kita sama-sama mengali masalah bukan berarti mencari masalah untuk dipermasalahkan, tapi kita menggali masalah untuk dicari alternatif solusinya. Pemerintah rajamadala kulon sangat mendorong dan mendukung penuh kepada patriot desa dalam upaya memajukan desa rajamandala kulon,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: