AgendaNasional

Pemerintah Bersama MUI dan Ormas Rumuskan Penanganan Konflik Agama

Mediadesa.idSURABAYA. Para peserta aktif dalam acara dialog nasional keagamaan dan kebangsaan sejak pagi tadi telah melakukan diskusi terfokus yang telah dibagi dalam 2 komisi, yaitu komisi pancasila agama dan NKRI yang terdiri dari perwakilan kanwil Kemenag, MUI dan sejumlah ormas. Di bagian lain diskusi terfokus juga terbagi atas komisi deteksi dini konflik yang diikuti oleh para peserta perwakilan dari Lakpesdam NU serta berbagai aktivis sosial.
Seperti yang disampaikan Hamimi dari lakpesdam sebagai pimpinan diskusi pleno bahwa Hasil dari beberapa diskusi terfokus ini kemudian dibawa dalam diakusi pleno, untuk rumuskan dalam beberapa rekomendasi yang akan di sampaikan pada Menteri Agama nanti malam yang akan hadir dilokasi acara bumi surabaya city resor surabaya 16/7/2018.

Beberapa pokok bahasan dari diskusi pleno tersebut adalah seputar topik tentang, jaminan negara terhadap kebebasan beragama dan berkeyakinan, intensitas dialog yang antar faham keagamaan, pelibatan perempuan dalam berbagai upayabpenyelesaian konflik serta, sistem detiksi dini dalam pencegahan dan penyelesaian konflik.
Uta Wijaya salah satu peserta perwakilam dari kemenag Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan keberpihakan pemerintah harus berbasis anggaran dan mengandung sanksi, “keberpihakan pemerintah ini tidak hanya bersipat deklaratoir tapi juga bersifat eksekutoir”, lanjunya.
Pembahasan yang cukup alot terjadi antara tentang klausul jaminan negara atas KBB dan jaminan negara terhadap Islam wasatiyah. Hingga berita ini diturunkan duskusi pleno ini belum tuntas dibicarakan, sementara nanti malam harus sudah di sampaikan pada Mentri agama. (AIH)

Baca Juga  Potensi SDA yang Banyak dilupakan Kaum Muda
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close