Wisata

Pemerintah Jadi Penonton : Warga Desa Puncak Kembangkan Wisata Berbasis Komunitas

MediaDesa.idKUNINGAN – Masyarakat desa sekarang semakin cerdas dan kreatif, dengan memanfaatkan potensi yang ada di daerah mereka, baik potensi di bidang pertanian, peternakan, perkebunan juga pariwisata. Salah satunya adalah masyarakat kampung Mulyaasih Desa Puncak Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Jawa Barat.
Di kampung Mulyaasih ini terdapat kelompok masyarakat yang mengembangkan potensi alam di wilayahnya untuk dijadikan objek wisata, yang tergabung dalam Kelompok Wisata Alam Wana Riksa Cidadali.

Nama Cidadali sendiri diambil dari lokasi wisata yang sedang mereka kelola, masyarakat sekitar biasa menyebut lokasi tersebut dengan nama Cidadali. Sebenarnya lokasi ini berada di lahan hutan lindung milik Pemerintah Kabupaten Kuningan, namun agar lebih bermanfaat kelompok ini berinisiatif untuk mengelola Cidadali menjadi objek wisata alam yang dapat dikunjungi masyarakat luas.

Gagasan ini bukan tanpa alasan, menurut kang Ahdiana selaku ketua kelompok cidadali, lokasi cidadali yang berada di ketinggian, berada tak jauh dari perkebunan sayur dan buah milik warga serta terdapat mata air alami menjadi potensi besar yang dapat diekspos serta dimanfaatkan menjadi wisata alam.

Menurutnya selain dapat menikmati pemandangan yang indah di ketinggian, wisatawan juga dapat belajar berkebun sayur dan buah di perkebunan milik warga sehingga manfaatnya tidak hanya dapat dinikmati oleh kelompok dan wisatawan tapi juga dapat dirasakan langsung oleh warga sekitar dengan menjadikan lahan perkebunan mereka sebagai objek wisata agro bisnis.

loading...

Sayangnya meski kelompok ini telah aktif dan mengembangkan wisata selama hampir setengah tahun, namun kelompok ini belum pernah mendapatkan perhatian baik dari pemerintah daerah maupun swasta, padahal kang Ahdiana sangat optimis objek wisata ini akan sangat cepat berkembang serta dapat menyaingi objek wisata yang lain.
Beliau sangat berharap ada pihak yang dapat membantu kelompoknya dalam mengembangkan objek Wisata Alam Wana Riksa Cidadali ini. (Budi Hartono)

Baca Juga  Kampung Naga - Destinasi Wisata di Tasikmalaya
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close