DesaEkonomi

Pemuda Jangan Pergi dari Desanya, Kenapa?

KARANGANYAR – Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi memberikan tugas baru untuk Kepala Desa di Indonesia, yakni menjaga para pemuda untuk tetap bertahan di desa.

Sebab menurutnya, para pemuda desa adalah tulang punggung bagi kemajuan desa.

“Tugas Kades (Kepala Desa) adalah menjaga agar anak mudanya tidak pergi ke kota. Karena desa tanpa anak muda adalah desa tanpa harapan,” ujarnya di Desa Kemuning, Kabupaten Karanganyar, Kamis (1/10).

Usai melantik Pengurus Masyarakat Mandiri Lawu Agung tersebut, Budi Arie menerangkan, cara yang digunakan untuk menjaga pemuda tetap tinggal di desa adalah dengan memberikan kesempatan dan peluang bagi pemuda desa untuk berinovasi. Menurutnya, rata-rata inovasi desa muncul dari para pemudanya.

“Anak muda boleh ke kota untuk menuntut ilmu, untuk melanjutkan studi, bukan untuk mencari pekerjaan di luar desanya,” ujarnya.

Ia berharap, Masyarakat Mandiri Lawu Agung menumbuhkan karya dan inovasi bagi kemajuan Desa Kemuning di masa akan datang. Adapun peserta dari komunitas ini sendiri didominasi oleh para pemuda.

“Saya lihat desa-desa yang maju itu penggeraknya adalah para anak muda. Dan desa adalah masa depan Indonesia,” ujarnya.

(Novri/Angga/Humas Kemendes PDTT)

Baca Juga :  Pemerintah Ajak Warga Borong Batik

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: