Opini

Pengaruh kapitalisme di indonesia

MediaDesa.id – Eksistensi suatu bangsa pada era globalisasi dewasa ini mendapat tantangan yang sangat kuat, terutama pengaruh kekuasaan internasional. Di era globalisasi dewasa ini ideologi kapitalislah yang menguasai dunia dan kapitalisme telah mengubah persatuan masyarakat dan menjadi sistem internasional yang menentukan nasib ekonomi sebagian besar bangsa-bangsa di dunia, dan secara tidak langsung juga nasib, sosial, politik dan kebudayaan. Perubahan gelobal ini menurut fukuyama (1989: 48) membawaa perubahan suatau ideology, yaitu dari ideologi partikuler kearah ideologi universal dan dalam kondisi seperti ini kapitalisme-lah yang akan menguasainya.
Dalam kondisi seperti ini Negara akan dikuasai oleh Negara internasional, yang lajimnya didasari oleh Negara-negara dengan prinsip kapitalis, oleh karena itu agar bangsa Indonesia tetap eksis dalam menghadapi globalisasi maka harus tetap meletakan jati diri dan identitas nasional yang merupakan kepribadian bangsa Indonesia sebagai dasar pengembangan kreativitas budaya globalisasi sebagai mana terjadi di berbagai Negara di dunia justru dalam era globalisasi dengan penuh tantangan yang cendrung menghancurkan nasionalisme, jadi perbedaan pendapat atau pun perbedaan pilihan jangan sampai menjadi perpecahan di antara warga Negara padahal semuanya itu dilindungi undang-undang.
Karena kita beda pendapat lalu pendapat atau pilihan orang itu di anggap sesat dan dianggap sebagai pemecah belah sesama warga Negara, kita semua harus ingat tentang identitas Negara kita atau identitas nasional, bangsa kita terkenal dengan keramahannya atau sering disebut adat ketimuran sedikit-sedikit identitas nasional kita dikalahkan dengan ideologi kapitalisme dan itu tidak dikenal oleh bangsa kita, kita sekarang mudah terprofokasi dan kadang mempunyai kecintaan yang membabi buta sehingga buta akan kebenaran orang lain. seperti yang terjadi sekarang sebentar lagi pemilu serentak akan dilaksanakan benih benih perpecahan sudah tersebar dengan berbagai model ada yang pake isu agama sampai ke isu ekonomi masyarakat di umbang ambing. Para elit yang hanya mementingkan golongannya bohong kalau selama ini mereka membela rakyat pada kenyataannya rakyat hanya dijadikan korban kepentingan negara kita punya regulasi tapi kenapa seolah mereka tidak kenal akan regulasi yang mereka buat.
Kita sebagai masyarakat jangan sampai mudah terprofokasi kita harus bisa nahan diri kita jangan lihat salah nya para kandidat tapi kita coba buka mata kita untuk melihat kebaikan orang lain. Jadi jelas kapitalis sudah mulai menguasai negri ini. (Dian)

Baca Juga  Pernyataan Sikap Kelompok Cipayung terkait Isu In-toleransi dan Radikalisme
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close