Pemerintahan

PEPELING : Jangan Pilih Pemimpin Yang Tidak Peduli Lingkungan

TASIKMALAYA – Agenda Pilkada serentak semakin mendekat, maka dari itu banyak pihak yang peduli agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah tanggal 23 September 2020 nanti dapat terselenggara dengan lancar dan tidak ada masalah.

Salah satunya PEPELING (Penggerak pencinta Lingkungan), dengan ketuanya Irmansyah. Irman mengajak masyarakat untuk memilih calon pemimpin yang peduli terhadap lingkungan.

loading...

” Kita ketahui bersama di Kabupaten Tasikmalaya memiliki wilayah pegunungan, perkebunan, pertanian, sungai yang panjang, pesisir pantai yang masih alami dan itu menjadi sebuah anugrah dari tuhan yang diberikan kepada Kabupaten Tasikmalaya, namun akhir-akhir ini banyak desa yang menyulap desanya menjadi desa wisata dan itu perlu di tinjau ulang oleh pemimpin daerah mendatang” katanya.

Jangan sampai, lanjut Irman, mengatasnamakan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, rakyat dan alam hanya jadi obyek.

Ia meminta pemerintah harus menjadi solusi agar tak timbul masalah di kemudian hari.

” Pemerintah justru melegitimasi praktik perampasan tanah, air dan seluruh sumber-sumber kehidupan rakyat atau sumber-sumber agraria. Hal ini bisa menjadi penyebab krisis ekologis ke depanya di Kabupaten Tasikmalaya” tegasnya.

Karena menurutnya masyarakat laik memiliki alam yang nyaman untuk ditinggali.

” Bagi calon kepala daerah pun, perlu memiliki kepekaan dan menyadari krisis lingkungan yang terjadi. Terlebih, konstitusi menjamin, setiap orang perlu mendapatkan lingkungan yang baik, seperti tertuang dalam Pasal 28H UUD 1945″ ujarnya.

Menurutnya, PEPELING akan mendesak pemerintah menjalankan dan harus memprioritaskan platform politik lingkungan untuk mewujudkan keadilan ekologis, Gerakan lingkungan tak bisa lagi hanya pada tindakan penyelamatan alam saja, harus menuju akar penyebab dari berbagai krisis multidimensi ini, Krisis multidimensi ini penguasaan kekayaan alam dan sumber-sumber agraria hanya bisa dinikmati segelintir orang saja.

Baca Juga :  Ansor Indihiang Sosialisasikan Hukum di Tiap DKM

Kemudian untuk masyarakat, PEPELING titip pesan agar dapat memberikan suara kepada pasangan calon pemimpin yang diyakini mampu menjaga, mengelola dan memajukan Kabupaten Tasikmalaya ke depan dengan memperhatikan daya dukung dan daya tampung lingkungan.

Masyarakat dapat mengingat dan mempelajari pasangan calon pemimpin melalui visi, misi dan program unggulan yang mereka ajukan pada masa kampanye nanti dan masyarakat dapat mengingat visi, misi dan program unggulan dari masing-masing calon pemimpin ataupun mengingat kembali kebijakan dan program yang telah mereka ambil dan laksanakan pada masa jabatan sebelumnya.

” Ingat nanti janjinya, jika tidak sesuai dengan kenyataannya, kita evaluasi, lalu ambil tindakan yang serius ke depannya” tutupnya.

Penulis : Mesa

Loading...

Tinggalkan Balasan

Close
Close