Hukum

Peradi dan Ansor Ciamis Sepakat Lakukan Gerakan Pendampingan Hukum Desa

CIAMIS – Gerakan Pemuda (GP) Ansor Ciamis dan Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Cabang Tasikmalaya segera membentuk Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ansor Ciamis. Selanjutnya GP Ansor Ciamis dan Peradi bakal gencar melaukan gerakan Pendampingan Hukum Desa.

“Kami menyadari bahwa warga Ciamis itu mayoritas warga nahdliyin yang tinggal di desa. Namun sayang setiap ada permasalah hukum tak pernah ada yang mendampinngi, makanya kami sangat semangat untuk melayani warga NU terutama saat berurusan dengan hukum,” kata  Ketua GP Ansor Ciamis, Dandeu Rifai dalam Halaqoh dan Rakor Gerakan Pendampingan Hukum Pedesaan di Aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Ciamis di Cijantung, Minggu (21/7/2019).

Aktivis PMII yang juga keluarga pendiri Ponpes Cijantung ini mengatakanm, pendampingan hukum desa ini merupakan langkah nyata GP Ansor Ciamis dalam membantu, mendampingi, dan membela warga NU.

“Kami  menggandeng Peradi dan kebetulanketua  Peradi itu teman saya di NU jadi kerjasama kita klop, jadi nanti kita bisa sama sama melakukan pendampingan hukum,”  katanya.

Secara terpisah Ketua DPC Peradi Tasikmalaya, Andi Ibnu Hadi mengakui, saat ini, terjadi ketimpangan antara jumlah warga pencari keadilan dengan jumlah advokat di Ciamis. Dari total penduduk Ciamis yang mencapai 1,3 juta jiwa lebih, kata Andi, hanya terdapat 30 advokat dan hanya 10 advokat yang aktif beracara.

“Maka, pendampingan bantuan hukum pedesaan menjadi kewajiban dimana salah satunya dilakukan oleh LBH Ansor Ciamis nanti,” katanya.

Peradi pun, lanjut Andi, siap melakukan pelatihan paralegal yang dikhususkan untuk mendampingi dan melayani bantuan hukum masyarakat desa.

“Lokasi desa- di Ciamis itu berjauhan, Anshor kan ada di pelosok Ciamis, makanya kan perlu ada lembaga desa yang membantu pelayanan bantuan hukum. Pasalnya, kondisi hari ini bukan layanan bantuan hukum yang tersedia, malah kepala desanya terkena kasus hukum,” pungkasnya. (dab)

Baca Juga :  Hati-hati Bumdes Tak Berizin Terancam Pidana

 

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: