Hukum

Perwalkot Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin Kelar Bulan Ini

TASIKMALAYA, (MD).- Perihal masih jadi seonggok kertasnya Perda No 1 Tahun 2018 tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin di Kota Tasikmalaya, Kepala Bagian Perundang-Undangan Setda Pemkot Tasikmalaya, Hanafi unjuk bicara.

Ia menjamin dalam bulan ini atau September-Oktober, Perwalkot tersebut sudah selesai.

“Kami sudah menerima draftnya dari bagian hukum. Sekarang sudah masuk ke bagian perundang-undangan. Insya Allah bulan ini sudah bisa diterbitkan,” ujar Hanafi, Kamis (20/9/2018).

Menurut Hanafi, Perwalkot tentang teknis bantuan hukum bagi masyarakat miskin belum keluar. Namun bukan berarti tidak dikerjakan melainkan masih dalam kajian.

“Ya intinya pasti selesai karena sudah kewajiban kami setiap Perda yang telah disahkan harus diikuti dengan Perwalkot,” ujarnya.

Hanafi pun meminta publik bersabar karena perlu kajian mendalam agar bisa terasa manfaatnya dimasyarakat.

Ketua DPC Peradi Tasikmalaya, Andi Ibnu Hadi mendorong keras bagaimana Perda Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin di Kota Tasikmalaya terealisasi. Pasalnya, bantuan hukum bagi masyarakat miskin menjadi kewajiban para advokat juga sehingga akan saling melengkapi dengan Pemerintah.

Foto : Hanafi – Kabag Perundang-undangan Pemkot Tasikmalaya

“Layanan bantuan hukum pun merupakan kewajiban advokat sebagaimana diatur dalam Pasal 22 ayat (1) Undang-Undang Advokat yang tata cara pemberian bantuan hukum cuma-cumanya ada di Peraturan Pemerintah Nomor 83 tahun 2008. Dengan pesatnya jumlah penduduk akan seiring pula dengan persoalan masyarakat. Maka kalau ada payung hukum Perda tadi, ketersediaan bantuan hukum bagi warga miskin akan terlayani,” tuturnya. (Mesa)

Baca Juga  Terbukti Bohong, Prabowo Cs Dipolisikan
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close