Liku-liku PL Karaoke di Ciamis: Kalau Ada yang Cunihin Itu Mah Resiko

oleh -

Profesi pemandu lagu (PL) tampaknya mulai merebak di Ciamis seiring banyaknya hiburan karaoke di Ciamis Jawa Barat . Beberapa janda atau gadis yang kurang kuat iman, bahkan rela terjuan jadi PL. Ya cari uang gampang sekaligus hiburan. Itulah alasannya. Hal ini terlihat di sejumlah tempat karaoke di Ciamis seperti di Citra Karaoke, Wicks Karaoke dan hands Karaoke.

Perempuan yang menggeluti pekerjaan menjadi PL karaoke ini memiliki cara sendiri untuk mendapatkan job dari para pengunjung karaoke.
Salah satu cara bagi PL pemula biasanya mereka mengajak karaoke kepada kenalannya sendiri, atau diajak oleh PL yang sudah lama terjun, atau menitipkan nomer hp ke salah satu agen tidak resmi yang biasa nongkrong di tempat karaoke tentu dengan memberi tips. Karena memang pengunjung karaoke terutama pria tak lengkap rasanya kalau tak ada PL-nya. “Bagikan sayur tanpa garam,” kata Jack Pep salah seorang pehobi PL.

Agar pengunjung karaoke menjadi terkesan, PL-PL karaoke Ciamis ini juga berlomba dalam l penampilan. Tentunya service di room saat bernyanyi pun harus memberi kesan agar tamunya menjadi pelanggan setia. Pokoknya harus membuat pengunjung enjoy sekaligus indehoy.

Beberapa PL karaoke di Ciamis kepada sudah memilik tarif umum dalam menjalankan jasa menjadi teman berkaraoke. Setiap jamnya mereka mendapat bayaran dari tamu Rp100 ribu. Rata-rata tamu yang berkaroke membooking room selama dua jam.

“Setiap ada job ya kita dapat dua ratus ribu, karena dua jam. Per jamnya seratur ribu. Sehari bisa dua sampai tiga job dapet,” kata M, salah seorang PL, Minggu (07/08/2016).

M menuturkan, dalam keadaan sepi job minimal mendapat dua order dalam sehari. Mulai dari siang sampai malam pukul 24.00 WIB. “Misal kita dapet siang dari jam 2 sampai jam 4, terus gak nyambung, balik dulu ke kosan. Ntar malam sekitar jam 8 ada lagi, jadi dua job lah rata-ratanya kalau sepi, ya Rp400 ribuan mah ada, ” ujar M.

Baca Juga :  Dari Lapangan Bola Berstandar FIFA Hingga Desa Donor Mata ada di Tasikmalaya

Berbeda jika job PL karaoke sedang ramai, seorang PL karaoke bisa mendapatkan order sampai empat room atau rata-rata delapan jam dari siang sampai malam.

“Ya kalau ramai bisa dapet Rp1 juta perhari atau permalemnya, bahkan lebih, kalau dirata-rata perbulan berapa ya, soalnya gak setiap hari juga ngejob, kan ada sakit, ada gak keburu, ” ujar L yang juga PL di Karaoke Ciamis.

L mengatakan jika dalam sebulan hanya beraktivitas selama 20 hari maka dikalikan rata-rata pendapatan Rp500 ribu permalam, seorang PL Karaoke di Ciamis mendapat penghasilan sebesar Rp 10 juta.

“Sepinya kan Rp 400 an, nah kan ada ramenya bisa sampe Rp1 jutar lebih, rata-ratain aja Rp500 ribu, ya sebulan Rp10 juta lah. Itu teh kalau kita itung 20 hari kerja. Besar juga ya kang sebenernya, tapi kemana ya uangnya, ha..ha..hadeuh, ” papar L.

Baik M dan L, mengaku pernah juga menjadi PL di daerah lain, namun kondisi di Ciamis berbeda. Tempat karaoke di Ciamis lebih ketat tata tertibnya. Tak sebebas di Kota besar lainnya.

“Di sini kita gak bisa ngadu seksi kang, pakaiannya diatur, gak boleh pake hotpen, harus celana panjang. Harus santun. Ya kita harus menghargai juga aturan yang ditetapkan manajemen, ” kata mereka.

Selain itu jika kedapatan PL bertingkah liar di dalam room karaoke dan ketahuan oleh manajemen pengelola karaoke, PL tersebut masuk pada daftar yang tidak boleh berkunjung kembali ke karaoke tersebut. Sebab kalau liar rawan dirazia oleh FPI Ciamis dan aparat kepolisian

“Ya kita kan numpang usaha, numpang nyari rejeki, aturan dari manajemen ya kita ikuti. Tapi kadang tamu suka nakal sendiri, carunihin tapi itu mah resiko,” ujar Maya nama samaran.

Baca Juga :  LPP PCNU Kabupaten Tasikmalaya Tanam Seribu Pohon di Buniasih

(den/dab)

Berikan komentar