Hukum

PMII Kecewa, Kasus Penembakan Perangkat Desa Dan Aktifis PMII Dilimpahkan Ke Polda

TASIKMALAYA – Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Tasikmalaya mendatangi Mapolres Kabupaten Tasikmalaya untuk audiensi perihal tindak lanjut Kasus Penembakan Aktivis PMII yang dilakukan oknum Polisi beberapa waktu lalu.

Mereka diterima langsung Kapolres Kabupaten Tasikmalaya, AKBP Anton Sujarwao, S.Ik beserta Wakapolres, Kasat Reskrim, Kasat Intel, Kasi Propam dan sejumlah anggota dari satuan Inteligen.

Saat audiensi, Kapolres menjelaskan bahwa kasus tersebut dilimpahkan ke Polda Jawa Barat. Pasalnya untuk menghindari tudingan ketidaknetralan sehingga kasus tersebut jernih dari praduga-praduga.

“Kasus kami limpahkan ke Polda karena Kapolda dipandang bisa bersikap netral. Kalau disini mereka adalah anak buah saya yang saya takutkan kita ada konflik interes. Jadi disangkanya ada kepentingan sehingga betul-betul bisa objektif,” kata Kapolres, Kamis, 11 Oktober 2018.

Kapolres pun mengungkapkan kedua korban sudah dimintai keterangan, termasuk punduh yang ada dilokasi kejadian,” ujarnya.

Mendapat penjelasan tersebut, Sekretaris PMII Kabupaten Tasikmalaya, Alik Purnama merasa kecewa atas keterangan tersebut. PMII kenapa ke Mapolres juga karena apa yang dijanjikan Kapolres saat aksi seolah molor.

Padahal, ujarnya, PMII telah resmi melapor, termasuk sejumlah Perangkat Desa yang pernah juga beraudiensi.

“Yang kami peroleh hanya kasus ini sedang menunggu ketingkat penyidikan karena sudah ditangani Polda. Makanya kami kecewa karena Kapolres juga seperti kurang pro aktif,” ucapnya.

Meski demikian, Alik memaklumi karena pelimpahan tersebut salah satu kewenangan Kepolisian.

“Tadi kami meminta proses secepatnya karena kalau dibiarkan akan lupa. Coba bayangkan bagaimana nasib korban. Bukan hanya soal biaya rumah sakit, tapi bagaimana nasib kedepannya,” kata Ketua LBH PMII, Zamzam Multazam menambahkan.

LBH juga, kata Zamzam, akan terus mengawal kasus ini sampai mendapat keadilan dimeja pengadilan. (Budi Alghifari)

Baca Juga  Ridwan Kamil Disebut dalam Sidang Suap Meikarta
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close