PMII Unsil Minta Perpres “Investasi Miras” Dicabut

oleh -

Oleh : Mochamad Aminudin

“Wahai orang orang yang beriman, sesungguhnya (meminum )khamar berjudi, (berkorban) untuk berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan, maka jauhilah perbuatan perbuatan itu agar kamu mendapatkan keberuntungan (Q.S Al maidah ayat 90)

PMII Komisariat Universitas Siliwangi meminta perpres tersebut dicabut demi masa depan anak bangsa, menjaga kedaulatan negara dan menjaga moral masyarakat menghindari konflik horisontal dan vertikal antara masyarakat dan pemuka agama.

Selain itu banyak studi kasus di berbagai daerah yang dilakukan oleh aparat keamanan melakukan tindakan tidak terpuji karena terkontaminasi minuman beralkohol dan juga kasus di masyarakat.

Kalau kita boleh meruntut kejadian perkara yang disebabkan oleh minuman beralkohol dan berakibat tak sadarkan diri, saya menyayangkan adanya perpres investasi miras ini urgensinya seperti apa?

Oleh karena itu, sejak dulupun PMII mengusulkan untuk segera disahkannya RUU larangan minuman beralkohol, kami menganalisa dan memandang perlunya regulasi ini untuk menghindari kegaduhan dan kehidupan di masyarakat, agama dan negara sebelum memakan korban nyawa yang diakibatkan oleh efek samping dari minuman keras

Perlu diketahui juga bahwa presiden sudah mengeluarkan perpres Nomor 10 tahun 2021 tentang bidang usaha penanaman modal untuk minuman beralkohol walaupun dalih pihak pemerintah untuk pemberdayaan UMKM disitupun banyak timbul kontroversi.

Analisa kami, dalam Perpres nomor 10 tahun 2021 dijelaskan penanaman modal adalah segala bentuk kegiatan menanam modal baik oleh penanam modal dari dalam negeri maupun penanaman modal asing untuk melakukan usaha di wilayah Negara Republik Indonesia.

Penanaman modal bisa berupa perseorangan atau badan usaha semua bidang usaha terbuka bagi kegiatan penanaman modal, tapi ada yang dikecualikan berikut ada ketentuanya :

Baca Juga :  Dana Desa Cair, Mendes : Jangan Ulangi Kesalahan!

Pasal 2
(1) Semua bidang usaha terbuka bagi kegiatan penanamn modal kecuali bidang usaha

  1. yang dinyatakan tertutup untuk penanaman modal atau
  2. untuk kegiatan yang hanya dapat dilakukan oleh pemerintahan pusat

Ditengah tengah heterogenitas masyarakat hari ini jangan sampai menimbulkan kemunduran moral oleh perilaku yang tidak diinginkan.

Dengan adanya perpres investasi miras ini banyak kekhawatiran dari kami karena akan menimbulkan konflik dalam kehidupan masyarakat, maka kita harus meneguhkan komitmen kita bersama untuk menjaga agama dan bangsa dari kegaduhan.

Berikan komentar