Potensi Desa Cidugalen Terhambat Akses Jalan yang Rusak

MediaDesa.id – Warga Desa Cidugalen Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya, mengeluhkan akses jalan yang berada di desa mereka. Pasalnya dengan kondisi jalan yang sangat mengkhawatirkan ini, sangat memghambat warga dalam beraktifitas maupun menjalankan roda perekonomian sehari-hari. Padahal potensi perekonomian di desa ini sangatlah besar. “pertanian disini sangat produktif, setiap harinya lebih dari 5 mobil truk mengangkut bermacam sayuran dari desa ini” ujar Ibu nurhasanah salah satu warga desa cidugalen memaparkan kepada tim mediadesa.id (selasa,5/6/2018).

Bahkan di bidang peternakan warga desa cidugalen bisa menjual ribuan ekor ayam sayur yang langsung dikirim ke Jakarta. “di bidang peternakan juga, keluarga saya saja setap 25 hari sekali itu menjual 6000 ekor ayam ke Jakarta”. Belum lagi di bidang parawisata, di desa ini terdapat beberapa curug yang telah ramai dikunjungi oleh wistawan, diantaranya curug cinila, curug mekar, dan curug hideng, namun belum bisa dikelola, baik oleh masyarakat maupun oleh pemerintah. Namun sayangnya semua potensi ini terhambat oleh jalan raya yang sangat rusak dan tak kunjung diperbaiki oleh pemerintah. “sudah lama, hampir 10 tahun tidak diperbaiki, ada sedikit yang di cor, itupun hasil udunan masyarakat”, kondisi jalan seperti ini bukan hanya menghambat aktivitas masyarakat namun juga berpengaruh pada harga komoditas yang dihasilkan.

“para pemborong sering mengeluh, bahkan sering memiringkan harga gara-gara tranportasi yang sulit, ongkos angkut sayur juga mahal”. Beliau juga menjelaskan bahwa kondisi jalan yang rusak ini juga memberatkan anak-anak yang akan berangkat ke sekolah. Mereka harus berjalan kaki 1-2 km untuk bisa naik angkutan umum. “anak-anak sekolah disini harus jalan kaki dulu kalo mau naik angkutan, karena bisanya angkutan gak mau menjemput kesini”.

Menurutnya pemerintah harus secepatnya memperbaiki jalan raya karena sangat meberatkan bagi petani dan peternak serta menjadi hambatan bagi seluruh aktifitas masyarakat. (Budi Hartono)

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close