Politik

Prabowo-Sandi Menang Besar di Ciamis, Bukti Warga Galuh Ingin Perubahan

CIAMIS-Prabowo-Sandi menang mutlak di Ciamis berdasarkan penghitungan suara Pilpres 2019. Kemenangan Prabowo di Bumi Tatar Galuh ini sudah diprediksi sebelumnya, karena antuiasme warga Ciamis untuk memilih pasangan nomor urut 02 ini sudah terlihat sebelum pemungutan suara. Data dari Koppasandi Ciamis menunjukkan Prabowo-Sandi unggul 70.3 persen, sementara Jokowi Marup 29.5 persen.

Sedangkan berdasarkan data situng KPU hingga Sabtu (26/4/2019) pukul 05.15 WIB, data yang masuk mencapai 424 TPS dari jumlah TPS 4.362 di Kabupaten Ciamis, atau jika dipersentasekan baru mencapai 9,72031% dengan perolehan suara Prabowo-Sandi mendapat 41.570 suara atau sekitar 61,57%, sementara lawannya, Jokowi-Ma’ruf Amin hanya mendapat 28.188 suara atau sekitar 38,43%.
“Kami menang besar di Ciamis, hatur nuhun kepada masyarakat yang mencoblos no 02, ini membuktikan warga Ciamis ingin perubahan,” kata Mamat Rahmat Ketua Tim Prabowo Sandi Ciamis.

Prabowo-Sandi unggul di sejumlah kecamatan. Dari beberapa kecamatan yang datanya sudah masuk, Prabowo-Sandi unggul di Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Ciamis, Kecamatan Cihaurbeuti, Kecamatan Cijeungjing, Kecamatan Cikoneng, Kecamatan Cimaragas, Kecamatan Cipaku, Kecamatan Kawali, Kecamatan Lumbung, Kecamaran Panawangan, Kecamatan Panumbangan, Kecamatan Rancah dan Kecamatan Sindangkasih. Sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin hanya unggul di Kecamatan Pamarican, Kecamatan Cidolog, Kecamatan Cisaga, dan Kecamatan Lakbok.

Sementara untuk Kecamatan Panjalu, Purwadadi, Rajadesa, Sadananya, Sukadana, Sukamantri, Baregbeg, dan Jatinegara, data di Situng KPU belum tersedia.

Perolehan suara sementara juga menunjukkan pasangan capres nomor urut 02 ini unggul telak di sejumlah kecamatan di Kabupaten Ciamis. Misalnya, di Kecamatan Ciamis, Prabowo-Sandi memenangkan 8.241 suara, sementara Jokowi-Ma’ruf Amin hanya mendapat 4.944 suara.

Hal yang sama juga terjadi di Kecamatan Cihaurbeuti. Prabowo-Sandi memenangkan 6.609 suara, jauh lebih tinggi dibandingkan Jokowi-Ma’ruf Amin yang hanya mendapat 2.538 suara. Untuk Jokowi-Ma’ruf Amin, keunggulan pasangan capres nomor urut 01 ini terjadi di Kecamatan Lakbok dengan perolehan suara 1.552, sementara Prabowo-Sandi hanya mendapat 496 suara. (rev)

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: