Ekonomi

Produk Unggulan Durian Jadi Harapan

JOMBANG – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Teringgal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar diminta Bupati Jombang Mundjidah Wahab untuk menyerahkan trofi kepada pemenang sejumlah kegiatan dalam rangkaian Kenduri Durian 2020 di Kabupaten Jombang, Minggu (8/3).

Durian Salamun dari Dusun Segunung Desa Carangwulung tersebut jadi salah satu durian unggulan hasil kawin silang produk masyarakat desa di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang yang disusul oleh Durian Gayatri, Lang, Kuncung dan Durian Arja yang merupakan hasil inovasi masyarakat desa.

Kenduren yang merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Kabupaten Jombang untuk picu kreatifitas masyarakat desa untuk terus berkreasi dalam produksi durian unggulan.

Durian itu nantinya jadi produk unggulan, minimal di Jawa Timur yang peminatnya dari musim ke musim terus meningkat.

Ajang kreasi durian ini memang dapat perhatian dari Pemerintah Pusat dan daerah. Ajang ini sebenarnya prakarsa Yayasan Durian Nusantara di Bogor yang dipimpin Reza Tirtawinata dari IPB.

Gus Menteri, sapaan akrabnya, berharap dengan event besar seperti Kenduren 2020 ini, masyarakat desa dapat meningkatkan ekonomi melalui produk unggulannya, yaitu durian.

Meski ada produk lain yaitu Manggis, Salak dan Alpukat yang juga dikembangkan jadi produk unggulan.

“Saya berharap ke depan masyarakat desa khususnya di Kabupaten Jombang terus meningkatkan kreatifitasnya,” kata Mantan Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Gus Menteri berjanji bakal terus berikan bimbingan dalam pemasaran hasil desa melalui BUMDes agar ekonomi di desa terus perlihatkan kemajuan dan dukung kemandirian desa.

Acara Kenduren Durian di Kabupaten Jombang tahun 2020, diakhiri dengan rebutan durian dan produk hasil pertanian lainnya untuk dinikmati masyarakat sebagai rasa syukur masyarakat Jombang khususnya di Kecamatan Wonosalam.

Baca Juga :  Jabar Provinsi Pertama Konversi Kompor Gas ke Listrik

Sumber : Kemendes PDTT
Foto: Wening/Kemendes PDTT

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: