Desa

Program Karang Taruna Cilumba Dorong Pemuda Desa Kreatif dan Inovatif

TASIKMALAYA – Ketua Karang Taruna Cilumba Cikatomas Kabupaten Tasikmalaya Joharudin, S.Pd agresif menyelenggarakan beberapa kegiatan dan program, salah satunya adalah turnamen bola voli, dengan lingkup lokal bebas dan open se-wilayah Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, lomba menangkap tupai se-Tasikmalaya Selatan, Progam pasar murah sembako.

Kegiatan tersebut menurut Joharudin sukses diselenggarakan tak lepas dari dukungan sponsor berbagai perusahaan yang ada di Tasikmalaya. Dan warganya sangat diuntungkan.

” Kami terus berinovasi dengan kegiatan kreatif yang mana tujuannya adalah untuk menggerakkan masyarakat desa, dari kegiatan tersebut warga yang berjualan di lokasi kegiatan juga bisa mendapat penghasilan tambahan” kata Joharudin.

Pihak Karang Taruna terus mendorong warganya, terutama para pemuda agar produktif.

” Selain itu kami juga terus berupaya mengurangi pengangguran, pemuda dituntut produktif. Melakukan bekerjasama dengan balai diklat industri kemenperin untuk terus meningkatkan kompetensi keahlian dengan program three in one (terlatih, kompeten dan siap kerja)” ungkap Joharudin.

Menurutnya, dari hasil kegiatan diklat tersebut 25 pemuda sudah bekerja di berbagai perusahaan.

” Dari program yang digagas sejak tahun 2017 hingga sekarang, kami sudah mengirimkan 25 pemuda pemudi minimal lulusan SMP untuk ikut dalam program ini dan langsung disalurkan bekerja di beberapa perusahaan yang tersebar di Kota Semarang, Kota Bandung dan Kota Tasikmalaya” tambahnya.

Ia juga menambahkan bahwa pelatihan itu gratis dan tujuan utamanya adalah agar warganya sejahtera.

” Tujuan utamanya adalah supaya para pemuda mempunyai penghasilan tetap dan kehidupan lebih baik, dan alhamdulillah hingga saat ini para pemuda yang sudah bekerja sudah mampu mengirim uang kepada keluargamya di desa tiap bulan, dalam artian mampu membawa uang dari kota untuk diberdayakan di desa dan program ini akan terus berjalan hingga 2020″, ujar Joharudin.

Baca Juga  Para Kepala Desa Jangan Takut Gunakan Dana Desa

Kedepannya Karang Taruna akan menambah keahlian di bidang otomotif.

” Kami sedang berupaya untuk menambah keahlian kompetensi otomotif dan isyaalloh tahun ini ada kerjasama dengan balai latihan kerja Bandung. Di tahun 2018 sudah mengirim 10 pemuda potensial untuk ikut pelatihan wirausaha baru program pemprov jabar”.

Pihaknya selalu berharap semua program dan kegiatannya berjalan lancar.

” Alhamdulillh event-event kami tahun 2019 ini sudah dapat sponsor tentu harapannya kegiatan berjalan dengan lancar. Prinsip kami hidup cuma satu kali, masa muda adalah kenyataan masa tua pasti terjadi, maknai masa muda dengan karya nyata jadikan potensi sebagai energi, energi untuk maju, mari bersama sama gerakan desa majukan desa dan makmurkan desa” pungkas Joharudin.

Penulis : AZ
Editor : Mesa

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close