Tasikmalaya – Puluhan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Tasikmalaya dilatih berbagai teknik untuk meningkatkan kapasitas UMKM agar berkembang dan menjadi harapan bagi tumbuhnya perekonomian.

Kegiatan yang bertema ” Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Desa ” dihadiri 30 pelaku UMKM, dilaksanakan selama dua hari berturut-turut dari tanggal 28-29 Mei 2022, yang diselenggarakan oleh Media Desa Institute bekerjasama dengan Patriot Desa di Hotel Mangkubumi Indah, Tasikmalaya.

Menurut Direktur Media Desa Institute (MDI), Andi Ibnu Hadi, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengarahkan bagaimana perusahaan yang dikelolanya bisa maksimal.

” banyak sekali potensi ekonomi di masyarakat pedesaan, Media Desa Institute hadir untuk melengkapi apa yang belum mereka lakukan serta apa yang belum dimiliki” terang Andi, (28/05/2022).

Para pelaku UMKM yang hadir diberikan materi-materi yang diharapkan kedepannya bisa mengembangkan usaha mereka, mulai dari cara mendapatkan legalitas usaha, bagaimana menggunakan bussiness model canvas, literasi keuangan bagi pelaku umkm; manajemen keuangan; akses permodalan, digitala marketing, bagaimana mengemas produk yang baik, serta cara membuat konten promosi yang menarik.

A. Sudrajat, SSPMD Patriot Desa Jawa Barat, mengatakan peserta yang hadir dilatih sumber daya manusianya.

” kita berupaya meningkatkan kapasitas sumber daya manusia-nya, yang nantinya setelah ini akan ada kegiatan yang lebih spesifik yang relevan dengan isu-isu yang sedang berkembang. Dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi digital kita harapkan perekonomian masyarakat ikut pula berkembang ” tutur pemuda yang akrab disapa kang azka tersebut.

Salah seorang peserta dari Desa Sukahening, Asep Yoyo tak sabar ingin segera mempraktekan materi-materi yang sudah disampaikan oleh narasumber pada acara itu.

” saya gak sabar ingin segera praktek sendiri di rumah, saya harap dengan ilmu baru yang saya dapat di acara ini bisa lebih meningkatkan pendapatan usaha saya ” kata Asep.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.