©mediadesa.id
(0265) 7521140 mediadesa.id@gmail.com
Jumat, April 26, 2019
Desa

Puluhan Perangkat Desa Ciams Gagal Temui Anggota DPRD

CIAMIS-Puluhan perangkat desa yang tergabung Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Ciamis kecewa dengan anggota DPRD Ciamis. Pasalnya, niat untuk audensi mengadukan nasib tentang kesejahteraan dan masa depan, anggota DPRD Ciamis malah tak mau menemuinya. Alasannya sedang reses. Padahal para anggota PPDI itu datang dari berbagai pelosok Kabupaten Ciamis.

“Kami ini pakai ongkos ke Ciamis ada yang atang dari ujung selatan, kok kantor DPRD malah kosong, apakah para anggota DPRD ngak mau denger keluhan kami. Terus terang kami kecewa. ” kata Toto Suryanto, Ketua PPDI Ciamis Toto Suryanto.

Kedatangan para perangkat desa itu untuk koordinasi tentang PP Nomor 11, karena Rapimnas memutuskan agar segara merapat ke instansi terkait diantaranya DPRD.
Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 Tahun 2019 mengatur perubahan PP Nomor 43 Tahun 2014. Sementara PP Nomor 43 Tahun 2014 yang direvisi tersebut memuat tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 yang mengatur tentang Desa.

Meski kecewa, namun Toto mengaku memaklumi kesibukan anggota DPRD CIamis yang sedang kampanye atau reses. Namun PPDI minta dijadwalkan lagi . “Kalau pak Ketua Dewan tidak ada di tempat dan semua anggota DPRD reses. Kami nggak masalah, tapi nanti minta dijadwal ulang,” katanya.

Menurut Toto koordinasi pada hari ini sangat penting, karena menyangkut kesejahteraan para perangkat Desa. “Desa itu 30% dari APBDes Desa bisa dipergunakan untuk tadi Siltap dan kesejahteraan lainnya,” jelas Toto.

Toto juga menjelaskan, jika APBD Desa belum mampu memenuhi 30% tersebut, maka bisa menggunakan dana keuangan dari Provinsi ataupun dari pengembalian PBB. “Regulasi daripada itu benar-benar memberikan keleluasaan kepada desa yaitu 30% untuk siltap itu dan kesejahteraan perangkat desa lainnya,” terangnya.

Baca Juga  Harga Cabai Anjlok Hingga Rp 3.500/Kg, TTIC Kementan Langsung Beli dari Petani

Sekretaris DPRD Ciamis, Drs. Uga Yugaswara mengatakan permohonan audensi PPDI dalam bentuk surat baru diterima hari ini, Senin (13/3/2019), sehingga baru bisa ditanggapi dan dijadwalkan ulang pada Jum’at, 15 Maret 2019 mendatang. Namun, Uga mengakui sudah mendapat informasi bahwa sudah ada komunikasi antara Ketua PPDI Ciamis dengan Ketua DPRD lewat WhatsApp tentang audiensi hari ini.

“Suratnya memang telat kami terima, audensinya nanti pada hari Jum’at mendatang,” katanya. (dab)

  • 18
    Shares

Tinggalkan Balasan