Tips

Punya Luka Bakar? Coba Ramuan Alami Ini, Salah Satunya Singkong

MediaDesa – Luka bakar adalah kerusakan lapisan kulit yang disebabkan oleh benda panas, termasuk api, air panas, dan uap panas. Rusaknya kulit akibat luka bakar membuat penderitanya rentan mengalami infeksi, karena kulit merupakan lapisan pertahanan awal tubuh untuk melawan infeksi. Oleh karena itu, penanganan perlu dilakukan secepatnya.

Kulit yang terbakar dapat menyebabkan lapisan atas kulit melepuh karena tidak kuat menahan panas dan akhirnya membentuk luka bakar. Luka bakar merupakan infeksi yang disebabkan perlawanan lapisan terluar dari tubuh. Oleh karena itu, luka harus segera diatasi agar tidak semakin parah.

loading...

Luka bakar biasanya memiliki tingkatan. Jika luka terjadi hampir di seluruh sekujur tubuh, penyembuhannya harus di bawah penanganan dokter ahli. Begitu pun luka yang terjadi dengan persentase cukup besar. Untuk luka bakar yang biasanya hanya disebabkan panci, korek api, atau luka kecil, penyembuhannya dapat dilakukan sendiri di rumah.

Luka bakar yang tidak diatasi dengan benar dapat menimbulkan iritasi dan bekas yang sukar untuk dihilangkan sehingga mengganggu nilai estetika. Berikut ini beberapa ramuan herbal untuk menghilangkan luka bakar yang dapat Anda racik sendiri.

Minyak ikan
Bahan-bahan:

Minyak ikan 2 kapsul
Minyak kelapa 4 sendok makan
Cara meramu:

Pecahkan kapsul minyak ikan dan ambil isi minyaknya saja
Campurkan minyak ikan dengan minyak kelapa
Cara pemakaian ramuan ini adalah dengan mengoleskan ramuan pada area yang terbakar secara rutin.

Getah buah pepaya
Bahan-bahan:

Getah buah pepaya muda 2 sendok teh
kapur sirih sebesar biji asam
Minyak kelapa 2 sendok makan
Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencampur seluruh bahan hingga tercampur merata. Oleskan ramuan pada bagian yang terluka sebanyak 2—3 kali sehari sebanyak yang diperlukan.

Baca Juga :  Desa Cawet 'Celana Dalam' Yang Mempesona

Umbi kentang
Bahan-bahan:
Umbi kentang 1 buah
Minyak kelapa 2 sendok makan

Cara membuat ramuan ini adalah dengan mencuci kentang, lalu dikupas, diparut dan diremas bersamaan dengan minyak kelapa. Cara pemakaian ramuan ini dengan mengurapkan (membalurkan) ramuan pada bagian yang terluka dan balut luka dengan kain bersih.

Singkong
Siapkan singkong satu potong, lalu kupas. Cuci bersih singkong dan parut hingga halus. Tempelkan parutan singkong tersebut pada luka, lalu balut. Lakukan treatment ini hingga luka sembuh.

Buah pisang
Sediakan buah pisang yang sudah masak, lalu lumatkan. Oleskan pada bagian kulit yang terkena api.

Penulis : Mesa
Sumber : Alodokter, Pertanianku

Loading...

Tinggalkan Balasan

Close
Close