Desa

Ratusan Anak Desa Gunungsari Tuliskan Cita-Cita di Pohon Harapan

TASIKMALAYA – Ratusan Anak Yatim berkumpul di Mesjid At-Taqwa, kampung Pasanggrahan Desa Gunungsari Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Sabtu (28/9/2019).

Anak-anak dari 5 dusun yang ada di Desa Gunungsari tersebut tampak ceria mengikuti kegiatan bertajuk Semarak Muharram.

Pada kesempatan tersebut anak-anak diberi kesmpatan menuliskan harapan dan cita cita mereka dengan cara yang menyenangkan.

Ketua Yayasan Bina Insan, Ajat Sudrajat mengatakan acara ini merupakan inisiatif warga dalam upaya memperingati dan memeriahkan bulan muharram.

“Dalam pandangan islam kita tahu bahwa Muharram merupakan salah satu bulan istimewa. Tahun baru bagi ummat islam bahkan seringkali disebut sebagai bulan lebaran anak yatim,” ujarnya.

Pihaknya mencoba memberikan kemasan yang baru dalam memperingati bulan muharram. Salah satunya dengan membuat pohon harapan.
Dalam pohon harapan itu tersebut anak-anak menuliskan cita-cita, dan harapannya kedepan.

“Bagi kami pohon harapan ini merupakan salah satu upaya pemenuhan hak partisipasi anak. Anak perlu didengar suara dan pendapatnya, bahkan kedepan kami mendorong pemerintah setempat agar senantiasa melibatkan anak dalam perencanaan pembangunan”.

Selain itu, pihak yayasan juga mempromosikan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada orang tua dan warga masyarakat yang turut hadir. Menurut Ajat, Negara memiliki kewajiban untuk melindungi dan menjamin hak-hak tiap anak Indonesia.

“KIA bertujuan untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan & pemenuhan hak konstitusional warga negara. Dari sisi manfaat, KIA pun dapat menjadi tanda pengenal/bukti diri yang sah dan sebagai persyaratan pendaftaran sekolah di suatu Kabupaten/Kota” jelasnya.

Sebelumnya, para peserta yang hadir membacakan doa dan tawashul dengan pengurus Yayasan Bina Insan Tasikmalaya.

Acara diakhiri dengan pembagian Santunan dan Bingkisan kepada Anak-anak yatim yang menghadiri acara.

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: