Budaya

Ritual Muharraman Warga Sundakerta di Tengah Hutan

TASIKMALAYA – Warga Desa Sundakerta Kecamatan Sukahening Kabupaten Tasikmalaya menyelenggarakan istighosah di tengah hutan cagar alam, tepatnya di Wisata Alam Cipatuh, minggu 30/09/2020.

Istigosah dipimpin oleh Wahyu selaku sesepuh Desa Sundakerta dan juga cicit dari Eyang Ahmaji yang membuka lahan Cipatuh pertama kali.

Menurut ketua MUI setempat, kegiatan ini rangkaian dari peringatan agustusan dan muharaman.

” Kegiatan ini sebagai penutup kegiatan PHBN HUT RI ke-75 dan melaksanakan PHBI tepatnya tahun baru Islam sekaligus membuka kembali pengajian bulanan desa yang sempat dihentikan selama 5 bulan karena wabah covid-19″, ucap Hisyam Al-junaedi selaku ketua MUI Desa dalam pembukaan acara.

Kegiatan istigosah ini tiada lain adalah do’a bersama warga Desa Sundakerta, memohon kepada yang maha kuasa Allah SWT.

” agar dijauhkan dari marabahaya, dipermudah segala urusan, dan demi kemajuan Desa Sundakerta dalam pembangunan”, pungkas Hisyam.

Sepintas memang tampak ganjil dengan pemilihan tepat istigosah ini, mengingat tempatnya sangat jauh dari pemukiman warga, kurang lebih harus menempuh waktu tiga jam perjalanan untuk sampai ke tempat ini.

Namun demikian warga Desa Sundakerta nampak antusias mengikuti acara tersebut, terlihat tidak kurang dari 500 orang terlibat dalam acara tersebut.

“Dulu sebelum tempat ini dikelola oleh pihak ketiga kami seringkali memperingati hari besar Islam di tempat ini, jadi warga disini sudah memiliki ikatan budaya yang cukup kuat dengan tempat ini” kata Anton Raksadiwangsa, kepala Desa Sundakerta.

Namun, lanjut Anton menuturkan, setelah dikelola oleh pengembang kita seperti tamu di rumah sendiri.

Anton mengajak warga Desa Sundakerta untuk bersama-sama memelihara Cipatuh sebagai warisan karuhun (orang-orang terdahulu) yang telah membuka lahan ini.

” Saya yakin lahan ini akan memberikan manfaat besar bagi warga desa jika dirawat dan dikelola dengan baik oleh kita semua”, tutup Anton.

Baca Juga :  Dr. Ahmad Ibrahim Badry Pimpin Pascasarjana STHG Tasikmalaya

(Mesa)

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: