Ragam

Salut, Gotong Royong Jum’at Bersih Masih Bertahan Di Kampung Ini

TASIKMALAYA,- Budaya gotong royong hampir punah dibangsa ini. Terutama di perkotaan, jarang sekali menemukan warga yang secara bersama-sama membersihkan lingkungan.

Namun tidak di Kampung Pabrik RT 38 Dusun Cicae Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya, setiap ba’da jum’at seluruh warga kumpul, kerjabakti menata lingkungan sekitar.

Seperti pada Jum’at, 21 September 2018, ratusan warga mulai anak-anak sampai dewasa membangun benteng penahan banjir serta longsor. Tak hanya itu, jembatan penyebarangan pun dibangun, termasuk membersihkan aliran selokan dari sampah-sampah.

Area pesawahan di Kampung Pabrik memang kerap kebanjiran. Pasalnya kondisi sawah diatas perkampungan sehingga bukan hanya banjir, longsor juga mengancam.

“Maka kami mengajukan bantuan ke desa, yang Alhamdulillah bisa terealisasi hari ini,” kata Ketua Pemuda Kampung Pabrik, Andi Iman Firmansah.

Andi pun mengungkapkan meski dana diperoleh dari desa, untuk pengerjaan lebih baik secara bersama agar budaya gotong royong terus terpelihara di kampungnya itu.

Ketua RT 38, Ano menjelaskan pada awalnya akan dilakukan dengan sistem kontrak. Namun dana yang diperoleh tak akan cukup sehingga dengan memanfaatkan gotong royong ba’da jum’at tadi seluruh warga disertakan.

“Alhamdulillah masyarakat masih bisa diajak kerjasama karena memang disini sudah biasa. Bukan hanya tenaga, konsumsi pun berdatangan dari ibu-ibu,” ujar Ano. (Azzam)

Baca Juga  Makam Pemersatu Warga
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close