Hukum

Sempat Ditolak, Polres Tasikmalaya Kota Terima Laporan

TASIKMALAYA – Sebelumnya, tayang berita terkait penolakan laporan oleh Polres Tasikmalaya atas Erik Sihombing sebagai kuasa hukum korban penghinaan dan pencemaran nama baik inisal DN (35), warga Tasikmalaya pada hari selasa, 14 April 2020.

Baca : Polres Tasikmalaya Kota Menolak Laporan Perkara Penghinaan

Namun, akhirnya perkara dengan kasus yang sama tersebut diterima oleh Polres Kota Tasikmalaya hari Jumat, 17 april 2020 dan diproses lebih lanjut.

Seperti keterangan dari KBO Reskrim Polres Tasikmalaya Kota, Iptu Ikhwan, MH., menurutnya ada kesalahpahaman antara pihak kepolisian dengan Erik sebagai kuasa hukum pelapor.

” Sebetulnya kemarin (laporan) Bang Erik gak ditolak, karena hari itu juga saya bilang datang aja ya hari jumat, nanti langsung aja buat laporannya dan hari selasa waktu itu bang Erik udah clear” katanya, lewat pesan singkat. (17/04/2020)

Ia menambahkan bahwa pihak kepolisian selalu menjunjung aturan yang berlaku di Indonesia.

” Karena pada dasarnya kita tidak pernah atau tidak akan pernah menolak laporan dari masyarakat sesuai yang sudah diamanatkan dalam KUHAP” terang Ikhwan.

Karena, lanjut Ikhwan menuturkan, selain penegak hukum fungsi Polri adalah sebagai pelayan dan pelindung masyarakat sesuai pasal 13 UU No. 2/2002 tentang Kepolisian RI.

Erik Sihombing SH selaku kuasa hukum pelapor mengapresiasi kinerja yang dilakukan kepolisian selama ini.

“Saya sangat apresiasi terhadap kinerja pihak Polres Tasikmalaya Kota, karena telah menerima dan memproses perkara klien saya, disinilah bentuk penghormatan hak azasi manusia itu telah terwujud, hal ini sebagaimana telah diamanatkan oleh Konstitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia bahwasannya Negara menjamin setiap warga negara diperlakukan sama dihadapan hukum” jelas Erik.

Ia mengaku bahwa awalnya sempat ada kesalahpahaman antara dirinya dengan salah seorang polisi. Dan korban DN merasa kecewa.

Baca Juga :  LBH Ansor Rekrut Relawan Desa

” Sekarang laporannya sedang diproses oleh Polres Tasikmalaya Kota, perihal oknum polisi tersebut saya menyerahkan kepada pihak Polres Tasikmalaya Kota. Sekali lagi saya mengucapkan terimakasih dan sangat apresiasi kepada pihak Polres Tasikmalaya Kota” tutup Erik.

(Mesa)

Ada komentar

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: