Sosial

Setahun Berdiri, Pijay Gleeh Aktif Ajak Warga Jaga Lingkungan

PIDIE JAYA – Perayaan Milad Perdana Komunitas Pijay Gleeh melakukan penanaman pohon disepanjang Daerah Aliran Sungai Krueng Meureudu Aceh, digampong Lhok Sandeng Kecamatan Meurah Dua Pidie Jaya, Sabtu (10/10/20).

Aksi Komunitas Pijay Gleeh patut di ancungkan jempol dalam melaksanakan kegiatan sosial, Komunitas Pijay Gleeh yang lahir pada tanggal 09 September 2019, sampai dengan saat ini genap berusia 1 tahun.

Komunitas ini eksis dan konsisten dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat di Kabupaten Pidie Jaya, dengan semangat kebersamaan dan kegotongroyongan, komunitas ini tidak pernah lelah mengajak masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan.

Selain itu, komunitas ini juga konsen dengan pelestarian lingkungan, hal ini bisa dibuktikan dengan beberapa aksi yang pernah dilakukan dengan menanam pohon di beberapa lokasi di daerah pinggiran sungai Krueng Meureudu.

Kehadiran Komunitas yang dikomandoi oleh Fazli Husin, S.H.I yang juga salah satu pedamping Desa di Pidie Jaya ini, sudah sangat familiar dikalangan Masyarakat Pidie Jaya.

Ketua Komunitas Pijay Gleeh (KPG) Fazil Husen mengatakan Pidie Jaya dalam 1 Tahun ini ( 2019 – 2020 ) Komunitas yang dipimpinnya sudah memiliki 2 gampong binaan sebagai barometer kesuksesan KPG dalam menjalakan aksinya dinataranya Gampong mesjid Tuha dan Gampong Mayang cut kecamatan Meureudu.

Lanjutnya, 2 gampong tersebut telah menjalankan pogram Gleeh Broeh lam Gampong ( desa bersih dari Sampah ) selama 3 bulan dengan 1 unit becak motor di setiap Gampong.

Kita berharap untuk tahun selanjut Gampong binaan akan terus bertambah sehingga Pidie Jaya benar-benar bersih (Gleeh) dari tumpukan sampah yang tidak terkontrol. harap Fazli

Turut hadir pada acara milad ke 1 Komunitas Pijay Gleeh, diantaranya, Wakil Bupati Pidie Jaya Said Mulyadi, Ketua Aceh Green Conservation Suhaimi Hamid, Perwakilwan TNI/Polri, Satgas SAR, Lintas Ormas/OKP serta tokoh Masyarakat Setempat.

Baca Juga :  DLHK, Komunitas Pijay Gleeh & Ormas Bersihkan Sampah di Keude Jangka Buya

Wakil Bupati Pidie Jaya, H. Said Mulyadi, S.E. M.Si, dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Komunitas Pijay Gleeh yang telah berkontribusi dalam kegiatan sosial peduli Pidie jaya khusunya dalam aksi Bersih Sampah .

Lebih lanjut, Wakil Bupati Pidie Jaya mengatakan, Pemerintah Daerah akan selalu mensupport kegiatan Komunitas Pijay Gleeh melalui instansi terkait, teruslah berkarya demi keindahan Pidie Jaya, dan diharapkan kepada masyarakat, LSM, Ormas dan OKP mari bersama-sama memberikan kontribusi untuk menciptakan Pidie Jaya yang bebas sampah, ujarnya.

Dalam tasyakuran Milad Ke 1 Komunitas Pijay Gleeh juga melakukan penanaman Pohon di seputaran aliran sungai Lhok Sandeng, 10/10/2020, dengan harapan Lhok Sandeng yang sudah di nobatkan sebagai agrowisata Arung Jeuram akan memberikan warna keindahan wisata yang asri dan indah di pandang mata. (*)

(Teuku Saifullah)

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: