Pertanian

Simak, Faktor Ini Jadi Penyebab Pupuk Tidak Efektif

MediaTani – Bagi tanaman, pupuk menjadi sumber nutrisi yang dibutuhkan agar tanaman bisa tumbuh dengan baik serta terhindar dari hama yang dapat merusak kualitas tanaman tersebut. Namun, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan oleh kita khususnya petani, hal ini bisa menjadikan pupuk menjadi tidak efektif atau mempengaruhi kinerja pupuk itu.

Berikut ini beberapa hal yang memengaruhi kinerja pupuk yang harus Anda perhatikan.

1. Kondisi Cuaca
Kondisi cuaca yang sedang berlangsung menjadi salah satu faktor yang memengaruhi secara langsung keberhasilan pupuk yang sudah diaplikasikan. Anda harus ingat, jangan pernah memberikan pupuk pada siang hari saat suhu matahari sedang terik-teriknya. Selain itu, jangan mengaplikasikan pada saat akan hujan, baik itu pupuk daun maupun pupuk akar.

2. Kondisi Fase Tanaman
Setiap fase tanaman membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Ada dua fase yang umumnya dirasakan oleh tanaman, yaitu fase generatif dan fase vegetatif. Pada fase vegetatif tanaman lebih membutuhkan nutrisi yang bisa digunakan untuk menumbuhkan daun dan pucuk-pucuk tanaman muda. Sementara itu, pada fase generatif atau fase pembungaan dan pembuahan, tanaman membutuhkan nutrisi yang bisa digunakan untuk menghasilkan bunga dan buah.

3. Dosis
Dosis pupuk yang digunakan harus sesuai dengan anjuran, jangan gunakan dosis tinggi, apalagi untuk pupuk kimia. Penggunaan dosis yang berlebihan justru akan menyebabkan masalah baru bagi tanah dan tanaman. Anjuran dosis yang bisa digunakan biasanya sudah tercantum pada label kemasan pupuk.

4. Ketahui jenis tanaman yang digunakan
Agar pupuk bisa bekerja secara optimal, Anda harus memberikan pupuk sesuai dengan jenis tanaman yang digunakan. Kesesuaian pupuk ini penting karena setiap jenis tanaman membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Misalnya saja, cabai, pupuk yang akan diberikan pada pohon cabai bergantung pada varietas yang ditanam.

Baca Juga :  Wahana Edu Wisata Lontar Sewu Sudah Beroperasi

Sumber : Pertanianku
Foto : Kompas

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: