Budaya

Situs Tapak Jaksa Terancam Tergusur Oleh Penambangan Pasir

TASIKMALAYA-Tak banyak yang mengetahui di Cipancur Kelurahan Cibeuti Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya ada situs situs sejarah. Situs tersebut dinamai tapak jaksa. Lokasinya di atas gunung di samping pemukiman penduduk.

Berdasarkan cerita dari penduduk, tapak jaksa sudah ada sejak dulu dan ada kaitannya dengan kampung Cangkowek katanya melompat dari situs tersebut ke daerah cangkowek dan di daerah cangkowek tersebut menjadi sumur.

“Dulu di di sana sangat jelas tapak kaki tersebut sekarang sudah memudar tapak kaki tersebut “ ujar salahsatu warga setempat

loading...

Menurut warga setempat di tempat tersebut sering di jadikan tempat perlindungan atau tempat persembunyian masyarakat waktu penjajahan belanda karena di sinyalir di tempat tersebut sangat gelap sampai sampai lampu pun tidak mampu menerangi gelapnya tersebut dan di jadikan tempat untuk orang orang bertapa menurut masyarakat banyak yang dating ke tempat tersebut, Ssitus tersebut terancam tergusur karena Pemerintahan Kota Tasikmalaya akan membangun jalan bagi pertambangan pasir.

(hafid)

Baca Juga  Milangkala Ke-2 Simpul Maiyah dihadiri Budayawan Dan Seniman Tanah Air
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close