BudayaReligi

Suasana 10 Hari Terakhir di Pesantren Sukahideng

MediaDesa.idTASIKMALAYA. Salah satu momentum penting di bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Disebut juga malam seribu bulan, di malam ini akan diberikan jaminan pengampunan bagi mereka yang mendapatkannya.
Lailatul Qadar itu terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan, umat muslim yang ingin mendapatkan pahala berlimpah di bulan Ramadan pasti tidak akan menyia-nyiakan kesempatan satu tahun sekali ini unuk mendapatkan keutamaannya.

Hadits Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam menyampaikan yang artinya, Carilah Lailatul Qadar pada 10 malam terakhir di bulan Ramadan. H.R Bukhari.

Beginilah cara Pesantren sukahideng memuliakan 10 hari terakhir di bulan Ramadan. Tidak sedikit kaum muslimin yang memanfaatkan Penghujung bulan Ramadan ini untuk lebih meningkatkan aktivitas ibadahnya. Salah satu bentuk aktivitas yang sering dilakukan adalah i’tikaf di masjid. Aktivitas ini juga terlihat di pondok pesantren sukahideng Sukarapih Sukarame Tasikmalaya. Menurut informasi yang kami dapat, bahwa di pesantren sukahideng ini sering kali diselenggarakan pengajian riyadhohan. Pengajian yang diselenggarakan setelah Santri diliburkan.

Sewaktu kami mendatangi langsung ke lokasi, Jumat 8 Juni 2018, ternyata memang benar adanya. Saat jarum jam mendekati pukul 23.00 WIB, terlihat santri-santriyah dengan seragam putih berbondong-bondong masuk ke masjid pusaka.
Di luar dugaan ternyata peserta pengajian riyadhoh ini sangat banyak. Meski secara formal pesantren sudah meliburkan aktivitas pengajian dan juga banyak santri sudah pulang mudik ke rumahnya masing-masing namun pada nyatanya santri yang mengikuti pengajian ini sampai luber keluar masjid. Sedikitnya ada 3 baris santri perempuan yang mengikuti pengajian ini, dari seluruh peserta.
Berdasarkan keterangan yang kami dapatkan dari salah seorang santri Asrama Al-Falah Ramdani, bahwa pengajian ini sudah berlangsung sejak beberapa tahun yang lalu sudah lama artinya. (Abdul Khoeruma)

Baca Juga  Risau Banyak Ceramah Berisi Ujaran Kebencian, Menag Keluarkan 9 Seruan
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close