Desa

Sukaasih Desa Pertama Relawan Tanggap Covid-19

TASIKMALAYA – Desa Sukaasih Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya terbilang desa di Kabupaten Tasikmalaya pertama yang secara aktif melakukan pencegahan penyebaran virus corona.

Hal ini dilakukan sesuai dengan intruksi kemendes, bahwa setiap desa agar membentuk tim relawan tanggap Covid-19.

Menurut salah satu Perangkat Desa Sukaasih Silvi Veronika, sudah ada 24 orang relawan di desanya.

” Relawan tanggap covid-19 kami sebanyak 24 orang yang memiliki gugus tugas melakukan segala upaya untuk mencegah penyebaran virus covid-19″ kata Silvi, 26/03/2020.

Saat ditanya tentang keberadaan tim desa tanggap covid-19 ini, Silvi menjelaskan bahwa beberapa kegiatan yang dilakukan oleh relawan desa tanggap covid-19 ini disesuaikan dengan luas wilayah.

” Ada yang bertugas untuk mendata orang yang masuk dari desa yang berasal dari daerah zona merah, ada bagian logistik, ada yang bagian merujuk ke tim Covid-19 kecamatan bila di temukan gejala”, lanjut silvi.

Anggota tim relawan, lanjut Silvi menuturkan, direkrut dari beberapa RT, RW, bidan desa, petugas kesehatan yang ada di desa juga dari perangkat desa dan untuk mendanai kegiatan ini menggunakan dana desa yang terlebih dahulu dilakukan perubahan APBDes.

Ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh tim relawan desa tanggap covid-19 sukaasih ini diantaranya adalah kesadaran masyarakat untuk mematuhi himbauan pemerintah tentang social distance.

” Terkadang kami sangat kesal dengan masyarakat yang seringakali menyepelekan keadaan ini”, keluhnya.

Sementara itu bersasarkan pemantauan tim mediadesa.id beberapa desa saat ini telah serentak melakukan tanggap covid-19. Seperti yang dilakukan di Desa Kersamaju Kecamatan Cigalontang, dengan cara melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa masjid, madrasah, sekolah dan kantor Desa.

Penulis : Mesa

Baca Juga :  105 KK di Sawang Terima BLT Tahap Kedua

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close
%d blogger menyukai ini: