Desa

Sukaherang Didorong Jadi Desa Sadar Hukum

TASIKMALAYA – Pemerintah Desa Sukaherang Kecamatan Singaparna bekerjasama dengan LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya dan DPC Peradi Tasikmalaya menggelar Sosialisasi Desa Sadar Hukum Berbasis Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS) Dan Pembentukan Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) pada Sabtu, (16/11/2019).

Ketua LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya Asep Abdul Rofik mengatakan bahwa kegiatan ini adalah rangkaian kegiatan dari MoU Gerakan Desa Sadar Hukum Berbasis Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS) yang sudah ditanda tangani LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya dan Desa-desa di Kecamatan Singaparna.

“Tujuan dari kegiatan tersebut selain secara umum untuk membantu masyarakat dalam mengakses keadilan lebih dekat dan cepat disisi teknis LBH Ansor kerjasama dengan DPC Peradi Tasikmalaya dan Officer Empowering Acces To Justice (Maju) dalam kaitan pembinaan serta platihan Penguatan Posbakum Desa dan Paralegal Desa” ujarnya saat ditemui usai acara Sabtu, (16/11/2019).

Asep juga mengatakan bahwa kegiatan kali ini selain sosialisasi MoU Gerakan Desa Sadar Hukum Berbasis APS dan Penyuluhan Hukum, di isi juga materi penguatan Posbakum Desa, Paralegal Desa dan Pembentukan Keluarga Sadar Hukum berbasis kepunduhan.

“Harapannya agar masyarakat atau penerima bantuan hukum di Desa lebih mudah dengan adanya pengorganisasian melalui kepunduhan” terangnya menambahkan.

Ketua DPC Peradi Tasikmalaya Andi Ibnu Hadi menjelaskan bahwa banyak indikator yang harus tercapai demi terbentuknya desa sadar hukum, diantaranya adalah adanya komunitas keluarga sadar hukum (Kadarkum).“Banyak indikator kaitan dengan Desa Sadar Hukum salah satunya adalah Keluarga Sadar Hukum, tujuan Pembentukan Keluarga Sadar Hukum ini tidak hanya untuk mempermudah akses keadilan bagi masyarakat akan tetapi berfungsi sebagai pelaku sadar hukum, dan Peradi Tasikmalaya bersama LBH Ansor Kab. Tasikmalaya akan terus mendorong terciptanya Keluarga Sadar Hukum agar benar-benar nantinya menjadi Desa Sadar Hukum” ujar Andi.

Baca Juga  Kepala Desa Resah Sering Didatangi Oknum Wartawan

Kepala Desa Sukaherang Nana Heryana sangat bersyukur dengan terselenggaranya Sosialisasi Desa Sadar Hukum Berbasis Alternatif Penyelesaian Sengketa (APS) Dan Pembentukan Keluarga Sadar Hukum di desanya, menurutnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warga desa Sukaherang.

“Saya ucapkan terima kasih kepada LBH Ansor Kabupaten Tasikmalaya,Peradi Tasikmalaya dan semua perangkat yang telah membantu kami dalam rangka sosialisasi kesadaran hukum bagi masyarakat wabil khusus di desa kami, desa sukaherang kecamatan Singaparna kabupaten Tasikmalaya. Ini sangat berguna sekali bagi kami terutama untuk peningkatan kesadaran hukum bagi masyarakat, hal ini sangat diperlukan, apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini. Sosialisasi desa sadar hukum ini sangat membantu untuk mencerdaskan masyarakat desa sukaherang terutama dalam masalah kesadaran hukum dalam bermasyarakat dan bernegara” kata Nana.

Nana berharap kegiatan seperti ini bisa rutin dilakukan di desanya agar masyarakat secara keseluruhan dapat faham dan patuh terhadap aturan atau hukum yang berlaku.

“Harapan kami tidak hanya kali ini saja, tapi kedepannya ada kelanjutan dan implementasi di masyarakat sehingga tidak hanya orang yang hadir saja pada hari ini tapi juga bisa di tranferkan kembali kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di desa sukaherang ini” pungkasnya.

Penulis: Budi

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close