Peristiwa

Sungai Citalahab Meluap, Puluhan Warga Pamarican Ngungsi

CIAMIS-Sebanyak 50 rumah warga yang berada di bantaran sungai Citalahab Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kota Ciamis, Jawa Barat, terendam banjir setinggi satu. Lantaran, hujan deras yang telah mengguyur wilayah Ciamis sejak minggu malam hingga Senin dini hari mengakibatkan debit sungai Citalahab meluap.

Akibatnya, warga Desa Sukahurip dan Desa Kubangpari harus mengungsi ke daerah yang lebih aman. Selain itu, hujan deras itu memutuskan akses jalan penghubung antar Desa dan Kecamatan.

“Meluapnya sungai Citalahab tersebut menyebabkan 50 hektar lahan pertanian gagal panen,”jelas Turiman Kepala Desa Sukahurip, Senin (28/04).

Akibatnya, kata dia, para petani akan merugi mencapai puluhan juta rupiah. Lantaran, tanamannya terendam banjir dari sungai Citalahab.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis Ani Supiani membenarkan telah terjadi banjir dari luapan Sungai Citalahab di Dusun Sambungjaya, Desa Sukahurip, Pamarican, Ciamis. Setelah mendapat laporan, pihaknya langsung ke lokasi banjir untuk mendata rumah yang terendam banjir.

“Berdasarkan data sementara sedikitnya ada 30 rumah yang tergenang. Sementara warga masih di rumah masing-masing, masih bertahan. Penyebabnya ada tanggul sungai yang jebol,” pungkas Ani. (dab)

Baca Juga :  Penyebar Video Hoax Polisi Buka Paksa Kotak Suara di Tasik Ditangkap

Tinggalkan Balasan

Close
Close
%d blogger menyukai ini: