Tok! Gunungtanjung Resmi Miliki Posbakum Desa

oleh -

TASIKMALAYA – Sebanyak 18 pengurus POSBAKUM (Pos Bantuan Hukum) Desa Gunungtanjung Kecamatan Gunungtanjung Kabupaten Tasikmalaya dilantik oleh Kepala Desa, 20 Desember 2020 di gedung olahraga milik desa.

Seluruh pengurus tersebut adalah bagian dari 50 orang paralegal yang telah dilatih oleh DPC PERADI Tasikmalaya dalam rangkaian Program Desa Sadar Hukum tahun 2020.

Dalam sambutannya, Romo Rahmat yang diamati sebagai ketua berpesan kepada seluruh pengurus untuk sama-sama bekerja.

” saya minta kepada semua pengurus dan juga paralegal untuk bisa kerjasama dalam menyelesaikan setiap masalah yang ada di Gunungtanjung” tegasnya.

Romi berharap, posbakum bisa mensosialisasikan program posbakum desa.

” Mari kita ciptakan kenyamanan di lingkungan kita semua, karena jika masyarakat sadar hukum, saya yakin setidaknya dalam melangkah akan hati-hati agar tidak terjerat hukum” ujar Romi.

Kades Gunungtanjung, Yoga F. Permana, yang hadir sekaligus melantik pengurus berharap masyarakat bisa merasakan kehadiran posbakum.

” Semoga dengan adanya posbakum ini, bisa menjadikan tolak ukur, agar membuat masyarakat Gunungtanjung sadar hukum ” katanya.

Kedepannya, di desa akan dibuatkan tempat khusus untuk paralegal desa.

” Saya sudah memberikan instruksi kepada ketua Posbakum untuk membuat jadwal piket, yang nantinya akan melayani masyarakat pencari keadilan” kata kades.


Di lain tempat, Andi Ibnu Hadi, ketua DPC PERADI Tasikmalaya menegaskan bahwa adanya posbakum ini agar masyarakat sadar hukum.

” adanya posbakum ini bisa menghapus jarak antara masyarakat dengan hukum, artinya masyarakat sudah sadar dengan hukum, jadi tidak lagi takut jika berhadapan dengan masalah hukum” ujar Andi.

Kemudian, Andi mengatakan pihaknya selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin mengkaji hukum.

” DPC Peradi Tasikmalaya senantiasa membuka ruang seluas-luasnya untuk belajar bersama, bagaimana melayani para pencari keadilan” katanya.

Baca Juga :  Program Karang Taruna Cilumba Dorong Pemuda Desa Kreatif dan Inovatif

Ia juga menjelaskan, terkait kebutuhan biaya yang diperlukan posbakum jangan menjadi hal yang memberatkan.

” Terkait kebutuhan biaya, mari kita cari bersama kedepannya. Saya berharap posbakum bisa menjadi berkah khususnya bagi desa gunung tanjung, dan desa di sekitar pada umumnya” tutup Andi.

(Mesa)

Berikan komentar