Pendidikan

Uu Optimis Pesantren Jawa Barat Juara

TASIKMALAYA- Dalam sambutan acara pembukaan pelatihan dan magang OPOP JABAR yang digelar di Peasantren Tarekat Idrisiyyah Tasikmalaya Jum,at (4/10/2019). UU Ruzhanul Ulum ( WAGUB Jabar) yakin dengan pogram opop. pesantren-pesantren yang ada di jawa barat akan memiliki kemandirian ekonomi.

OPOP JABAR adalah singkatan dari One Pesantren One Product salah satu program Gubernur Jawa Barat untuk membantu Pesantren agar lebih mandiri.
“Banyak Pesantren di Jawa Barat ketika pimpinan Pesantren wafat, kebesaran nama Pesantren tersebut memudar. ini penyebabnya karena kehilangan karisma dari pipmpinan utama Pesantren,” paparnya.

“Berbeda dengan Pesantren di Jawa Tengah, Jawa Timur walau pun pimpinan Utama Pesantren itu sudah tidak ada, kebesaran nama dan perkembangannya semakin pesat,” bandingnya.

“ Kenapa Pesantren di Jawa Tengah, Jawa Timur tetap maju, karena mereka memiliki kemandirian ekonomi. Tidak bergantung kepada Donatur karena para donator akan menghentikan sumbangannya manakala karisma Pesantren sudah tidak ada. Makanya kita Pesantren di Jawa Barat jangan tabu dengan siyasah (politik) dan muamalah (ekonomi).” Pungkasnya.
(MDone)

Baca Juga  Bonus Demografi dan Revolusi Industri Jadi Tantangan Tersendiri Bagi IPNU Kab. Tasikmalaya
Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close