Waliyullah ini Dipercaya Memiliki Kesaktian

MediaDesa.id – Indonesia memang banyak menuliskan sejarah yang belum tergali dalam dan kita ketahui. Salah satunya adalah makam Waliyullah Eyang Guriang Katurun, yang terletak di Kp. Haurduni RT/RW 24/08 Desa Purwarahayu.

Menurut Apid yang biasa di sebut Wa Apid (kuncen makam keramat), “Pada jaman dulu Eyang Guriang Katurun terkenal dengan kesaktian dan kegagahannya. Eyang Guriang Katurun awal mulanya bertempat tinggal di cirebon dan mempunyai mandat sebagai lurah santri dari Sunan Kali Jaga”.

Setelah itu Eyang Guriang Katurun terus berkelana dari cirebon dan sampailah beliau di Banjar Wangi dengan maksud ingin menyebarkan ajaran islam di jawa barat.

Cerita tentang Mesjid Demak
Wa Apid banyak bercerita tentang kesaktian Eyang Guriang Katurun. Menurut pemaparannya kepada kami, bahwa salah satunya adalah ikut serta dalam membangun mesjid Demak, Eyang mendapat amanat untuk mendirikan salah satu tiang mesjid disana.

“Eyang ngumpulkeun sesebitan kai, teras ditajong tidieu, sareng aya keneh tihangna oge diditu ayeuna teh masih nangtung, ku sakti sareng gagahna Eyang Guriang Katurun” Wa Apid memaparkan.

Selain itu, menurut kesaksian beberapa warga sekitar bahwa di sekitar makam eyang sering mendapati ular-ular dengan ukuran yang besar dan juga harimau. Diyakini mereka bahwa makhluk-makhluk itu adalah penunggu makam Eyang Guriang Katurun.
Ade Sugiri

Loading...

Tinggalkan Balasan

error: Ⓒ mediadesa.id
Close
Close