©mediadesa.id
(0265) 7521140 mediadesa.id@gmail.com
Rabu, Juni 26, 2019
Wisata

Wana Wisata Galunggung tetap menjadi Primadona Warga Tasikmalaya

Hari minggu menjadi harinya kumpul-kumpul bersama keluarga, apalagi sekarang sedang musimnya munggahan. Tradisi ini merupakan bentuk syukur atas akan datangnya bulan Ramadhan. Karena itulah pelaksanannya pun selalu dilaksanakan beberapa hari sebelum menginjak puasa. Selain itu, di setiap kota di Jawa Barat mungkin memiliki sedikit perbedaan dalam menjalani tradisi ini, namun tradisi ini adalah hal wajib bagi masyarakat Sunda. Munggahan dalam tradisi di daerah kami adalah cara untuk mengisi waktu sebelum bulan Ramadhan datang, karenanya jika sudah memasuki akan sedikit mengubah kebiasaan kita yang tadinya berwisata, dan lain hal. Kemudian diisi dengan taqorub di bulan suci, untuk meraih Rahmat-Nya. Diantara beberapa cara warga mengisi munggahan dengan berziarah ke makam, berbelanja, kuliner, dan mungkin yang paling banyak adalah mengisi waktu ini dengn berwisata dengan sanak saudara, teman, sahabat, dan juga keluarga.
Untuk warga yang berada di Tasikmalaya, rupanya lokasi ini tetap menjadi andalah untuk refreshing, dengan biaya yang tidak semahal tempat wisata diperkotaan, yaitu Gunung Galunggung. Bahkan tak sedikit juga ada yang dari luar kota jauh-jauh datang kesini.

Menurut pemaparan salah satu pemilik warung yang berada dilokasi, sekarang adalah kesempatan yang baik untuk berjualan karena jumlah pengunjung lebih banyak dari hari-hari biasanya. “Dinteun ieu seueur pisan nu dongkap kadieu, mumpang-meumpeung aa, kirang ti samingon deui bakal mendak bulan shaum nya, bebekelan da sasih ke mah moal tiasa icalan sapertos biasa“. Pemilik warung menuturkan dengan logat sundanya yang khas.

Foto : Dokumentasi Pribadi

Wisata Gunung Galunggung banyak menawarkan opsi tempat yang memanjakan pengunjungnya, dari kolam renang air panasnya, air terjun (curug) yang semakin indah setelah dilakukan renovasi oleh pihak pengelola, area perkemahan, outbound, tempat selfie khusus, dan yang sudah menjadi rahasia umum, kawahnya yang selalu indah mempesona, menjadi spot yang cocok untuk berfoto.

Baca Juga  Wisata Waduk Jati Gede

Abdulloh Aziz – MediaDesa.id

Tinggalkan Balasan