Warga Ramai Unggah “Kamu Belum Berhasil :(“, Lalu Siapa yang Lolos Prakerja?

oleh -

Sejumlah netizen di media sosial membagikan tangkapan layar notifikasi atau pemberitahuan tidak lolos seleksi prakerja gelombang 12.

Mereka mengaku ada yang baru dafar bahkan ada yang sudah beberapa kali daftar namun pesan yang diterima “kamu belum berhasil :(“.

Yang menjadi perbincangan warga adalah terkait pemberitahuan yang datang lebih awal dari jadwal pengumuman yang sudah ditentukan sebelumnya yaitu pada awal bulan maret 2021. Namun sebelum februari 2021 beberapa warga sudah menerima kabar seleksi pendaftaran prakerja.

Pihak Kartu Prakerja menyebut pengumuman akan dilakukan pada Selasa (2/3/2021) atau Rabu (3/3/2021).
Salah satu warganet yang membagikan kabar tersebut.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, belum ada pengumuman resmi siapa-siapa saja yang lolos pada program Kartu Prakerja gelombang 12 ini.

Hingga hari ini Minggu (28/2/2021) malam, Kartu Prakerja gelombang 12 masih dalam proses randomisasi.

“Sudah ditanyakan ke team ops, gelombang 12 masih dalam proses randomisasi, jadi belum ada pengumuman,” ujar Louisa saat dihubungi, Minggu (28/2/2021). Mengutip dari kompas.com.

Louisa menjelaskan, proses randomisasi dilakukan bertahap per daerah. Namun yang patut diperhatikan, di provinsi yang sudah penuh kuotanya dan sudah selesai randomisasi, maka mereka yang tidak lolos langsung mendapat notifikasi.

“Betul (yang sudah menerima notifikasi ‘belum berhasil’ di dashboard Kartu Prakerja, dipastikan gagal). Ikutan lagi gelombang berikutnya ya,” terang Louisa.

Sementara itu, bagi yang lolos, baru mendapat kabar pada 2 atau 3 Maret 2021.

Cara cek peserta yang lolos Terdapat dua cara mengecek kelolosan Prakerja gelombang 12, yaitu melalui SMS atau memantau lewat dashboard di www.prakerja.go.id.

  1. SMS Bagi penerima Prakerja yang lolos, akan mendapatkan notifikasi melalui SMS. Pemberitahuan akan disampaikan ke nomor telepon yang didaftarkan saat pembuatan akun. Untuk itu, pastikan nomor telepon yang digunakan ketika mendaftarkan akun telah benar dan masih aktif. Baca juga: Siap-siap, Ini Jadwal Pembukaan Pendaftaran Prakerja Gelombang 13

  2. Dashboard Pendaftar juga dapat melakukan pengecekan status kelolosan melalui laman resmi prakerja.go.id. Anda perlu login ke akun Prakerja terlebih dahulu, kemudian cek nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun. Apabila lolos, akan muncul keterangan berikut:

“Dana insentif kamu diberikan setelah penyelesaian pelatihan, bila belum ada dana yang ditransfer 7×24 jam Hubungi CS”.

Namun, jika tidak lolos, akan ada keterangan “Kamu Belum Berhasil” di dashboard akun. Persyaratan Sebelum melakukan pendaftaran Kartu Prakerja, pastikan calon pendaftar sudah memenuhi persyaratannya. Persyaratan penerima Kartu Prakerja masih sama dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Wamendes Ingatkan Ancaman Krisis Pangan

Terdapat 3 persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Berstatus warga negara Indonesia (WNI)
  2. Minimal berusia 18 tahun
  3. Sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Sumber : Kompas

Berikan komentar