Warga Satu Desa Golput di Pilkada

oleh -

SULTENG – Sebanyak 250 Warga Desa Matabondu, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, sepakat untuk golput atau tidak menggunakan hak suaranya pada Pilkada Serentak 2020 yang digelar pada Rabu, (9/12/2020) lalu.

Alasan mereka golput karena sejak tahun 2007, mereka tidak pernah menikmati dana desa dari pemerintah.

Bahkan semua surat pemberitahuan memilih atau C6-KWK yang diberikan kepada warga di desa tersebut dikembalikan kepada KPU pada Selasa (8/12/2020).

Kejadian tersebut membuat Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir kaget.

Natsir menyayangkan sikap warga satu desa tersebut yang mengembalikan C6-KWK-nya.

“Kami juga tidak bisa menolak karena memilih ini adalah hak, kewajiban negara memfasilitasi penyaluran hak tadi,” kata Natsir. DIlansir dari kompas.

Kepala Desa Matabondu, Ahmad mengatakan, warganya memutuskan untuk tidak menyalurkan hak suaranya karena tidak pernah menikmati dana desa sejak 2007.

Padahal, sambungnya, desanya tercatat sebagai desa di Kementerian Desa (Kemendes) dengan nomor desa ke-19 di Kecamatan Laonti.

“Dana desa tidak pernah kita nikmati sejak 2007. Dana desa itu kami tahu selalu cair dari pusat tapi tidak pernah sampai ke kami,” kata Ahmad, saat dihubungi, Kamis (10/12/2020).

“Makanya pilkada ini kami memilih golput dengan mengembalikan surat ini. Percuma menyalurkan suara kita tapi suara kita tidak pernah didengarkan,” tutupnya.

Penulis : Mesa
Sumber/gambar : Kompas

Baca Juga :  KOPI Kembali Adakan Pesta Gerimis 2019

Berikan komentar